Business Research Trends zkumparan

Survei Consumer & Media View Menunjukkan Generasi Z Lokomotif Selanjutnya

Survei Consumer and Media View Nielsen menyebutkan 1 dari 3 orang masuk ke dalam Generasi Z. Porsi generasi ini hanya terpaut 1\% dari generasi pendahulunya,yang sudah sangat sering dibahas dan disebut, Generasi Milenial. Generasi yang ada di rentang usia 10-24 tahun ini menjadi spesial bukan hanya dalam jumlah, tetapi juga keunikan mereka, seperti gaya hidup, konsumsi media dan hobi mereka.

Generasi yang akan menjadi lokomotif masa depan Indonesia ini sangat ambisius jika dibandingkan dengan generasi yang lain. Mereka selalu mau mencapai tingkat tertinggi dalam karier dan “tampil” sebagai individu. Mereka lahir di era teknologi, ketika internet sudah menjadi salah satu barang primer, jadi tidak mengherankan jika Gen Z adalah generasi yang paling melek teknologi dan internet adalah hal yang tidak dapat lepas dari hidupnya.

Walau mereka masih tergolong muda, bukan berarti mereka tidak memiliki spending power. Hal ini terlihat dari pengeluaran ketika berlibur, mereka terekam menjadi generasi yang paling banyak mengeluarkan uang. “Hal ini bisa dimaklumi mengingat lebih dari 50\% dari GenZ dengan usia 20 – 24, sudah bekerja, memiliki uang sendiri, dan belum berkeluarga. Ditambah lagi dengan kepentingan untuk eksis di medsos dengan foto-foto liburan yang menarik membuat GenZ tidak segan-segan merogoh kocek untuk pengalaman tersebut. Segmen ini patut dilirik oleh industri pariwisata,” papar Hellen Katherina, Executive Director Media Nilesen.

Selain internet, media kedua yang erat dengan mereka adalah televisi. Hal menarik yang ditemukan berhubungan dengan lamanya mereka mengonsumsi kedua media ini. Semakin muda seseorang, semakin lama mereka menggunakan internet dan pola yang berkebalikan terjadi di media televisi. Dual screening adalah hal yang biasa untuk mereka dan jam sibuk mereka ber-dual screening jam 19.00 – 21.59.

Barang yang wajib mereka miliki adalah smartphone, karena ini adalah alat utama yang mereka gunakan ketika berselancar di internet. Sesuai dengan kondisi belajar dari rumah saat ini, dua aktivitas online yang paling dapat menggambarkan mereka saat ini adalah belajar secara online dan bermain games. Khusus untuk bermain games, ini adalah aktivitas harian bagi mereka.

“Dikenal sebagai generasi yang sangat melek teknologi dan internet menjadikan Generasi Z memilih untuk mencari apa yang mereka butuhkan via online, seperti belanja online, melihat review product secara online dan sebagainya. Penting bagi pemilik brand untuk memperbanyak interaksi terkait produk dan brand secara online jika ingin mencuri hati para Generasi Z ini.” kata Hellen Katherina.

Di samping itu, bisa juga memanfaatkan social media secara tepat dan berkala tidak hanya sebagai sarana promosi tetapi juga meningkatkan engagement dengan konsumen generasi ini, katanya menambahkan.

Survei Consumer and Media View adalah survei sindikasi yang dilakukan oleh Nielsen dengan jumlah responden lebih dari 17.000 orang berusia 10+ di 11 kota besar di Indonesia (Jakarta, Bandung, Jogjakarta, Semarang, Surakarta, Surabaya, Denpasar, Medan, Palembang, Makassar and Banjarmasin). Informasi yang terkandung di dalamnya meliputi data demografi, psikografi, kepenggunaan media dan konsumsi lebih dari 200 kategori produk.

Editor: Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved