Survei Google: Pengguna Internet di Kalangan Ibu Meningkat

Google Indonesia merilis hasil survei penggunaan internet di kalangan ibu. Hasilnya, pengguna internet di kalangan ibu tumbuh pesat.

Insight Specialist CPG Google Indonesia, Ariyani Dwijayanti, mengungkapkan, tahun 2018, hampir 60% masyarakat Indonesia sudah terhubung dengan internet. Dan hampir 8 dari 10 pengguna internet (79%) menggunakan  setiap hari, terutama melalui smartphone. “Dari temuan tersebut ternyata 1 dari 4 pengguna internet Indonesia merupakan seorang ibu,” jelasnya.

Penelitian menunjukkan, dari sisi pencarian biasanya para ibu mencari tentang parenting, kehamilan, bayi dan anak. Hampir 7 dari 10 (69%) pengguna internet Indonesia melakukan riset produ bayi secara online. Masyarakat Indonesia juga memanfaatkan video untuk belajar menjadi orang tua yang lebih baik. Biasanya, video online menjadi sumber informasi yang semakin penting mengenai pengasuhan anak. “Secara year-on-year di Indonesia tahun 2017, waktu nonton channel pengasuhan anak di YouTube bertambah hampir 5 kali,” ujarnya.

Menurutnya, penelitian ini memberikan gambaran menarik tentang cara-cara konsumen mencari dan memilih produk saat ini. Rata-rata penggunaan internet Indonesia memerlukan waktu satu minggu untuk melakukan riset produk, tetapi sebagian besar riset dilakukan dalam hitungan jam dan menit sebelum pembelian. Dengan memahami hal ini dan membagikan pesan yang relevan di momen-momen terakhir yang krusial tersebut, brand akan memiliki peluang untuk mengubah pikiran konsumen dan berhasil menjual produknya.

"Marketer cerdas harus menjangkau kelompok ini di media tempat mereka semakin banyak menghabiskan waktu dan mengambil keputusan membeli yaitu di smartphone mereka," jelasnya.

 

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!