Business Research Trends zkumparan

Transaksi Meningkat, Ovo Ungkap Perilaku Pengguna Selama Ramadan

Platform pembayaran digital Ovo mengungkap berbagai perilaku menarik penggunanya selama Ramadan dan Idul Fitri 2020 di Indonesia. Menurut data Ovo, pengguna cenderung lebih banyak melakukan transaksi secara online, misalnya untuk membeli makanan dan berbelanja di e-commerce.

“Perayaan Ramadan menjadi momen penting bagi masyarakat Indonesia untuk menjalin silaturahmi dan berbagi kebahagiaan. Kami senang dapat turut membantu menyebarkan semangat Ramadan melalui ekosistem dan layanan kami, terlebih di masa-masa sulit seperti sekarang akibat pandemi Covid-19,” ujar Sinta Setyaningsih, Head of PR Ovo.

Sinta mengungkapkan, selama bulan suci Ramadan, masyarakat banyak menghabiskan waktu untuk menjalin silaturahmi dengan keluarga dan kerabat terdekatnya. Hal ini terlihat dari jumlah pulsa yang dibeli oleh seluruh pengguna Ovo dapat digunakan untuk menelepon selama 22 juta jam atau 2.552 tahun.

Keperluan transfer seperti untuk pengiriman THR juga tinggi, di mana membutuhkan waktu selama lebih dari 3.800 hari untuk menyelesaikan seluruh transaksi transfer pengguna, apabila transaksi tersebut dilakukan di satu ATM.

Membeli makanan secara online untuk berbuka puasa pun menjadi salah satu alternatif utama bagi para pengguna. Hal ini dapat terlihat dari jarak yang ditempuh oleh pengemudi Grabfood untuk mengantar seluruh pesanan makanan kepada pengguna Ovo setara dengan 3.000 kali perjalanan pulang-pergi Jakarta-Mekkah.

“Berbelanja di bulan Ramadan juga tidak lepas dari kebiasaan masyarakat. Jika jumlah transaksi e-commerce digunakan untuk membeli kue kering Ramadan, toples kue tersebut jika disejajarkan bisa menjangkau dari Sabang hingga Merauke dan kembali lagi,” ujar Sinta.

Ia juga mengatakan, nilai transaksi Ovo selama Ramadan setara dengan 10 ketupat untuk seluruh masyarakat Indonesia yang jumlahnya 270 juta jiwa. Hal ini juga berdampak pada nilai top-up Ovo Cash yang di mana jumlahnya dapat digunakan untuk membeli keperluan sembako untuk semua penduduk di 13 kota besar di Indonesia.

Ia berharap, setelah Ramadan dan Idul Fitri pengguna tetap menggunakan pola bertransaksi digital yang cashless. “Kami berharap pengguna secara proaktif memilih menggunakan layanan keuangan digital untuk bertransaksi kebutuhan sehari-hari agar bersama-sama membantu pemerintah memutus rantai penyebaran Covid-19,” tuturnya.

Bersamaan dengan pandemi global di tengah bulan suci Ramadan ini, Ovo bersama Grab dan Tokopedia berhasil mengumpulkan donasi sebesar Rp 4,6 miliar, dan akan menyalurkan lebih dari 40.000 paket sembako untuk para pekerja sektor informal.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved