Cara Citibank Mencetak Bankir Top

Universitasnya para bankir top salah satunya adalah Citibank. Banyak alumninya kini menduduki jabatan penting. Seperti, Ignasius Jonan, Rini M Soemarno, Emirsyah Satar, Gita Wirjawan. Apa rahasianya?

“Kami punya tim Learning and Development yang tugasnya menyediakan pembelajaran untuk para karyawan. Modelnya, kombinasi dari training di kelas hingga secara digital. Salah satu topiknya tentang kepemimpinan,” kata Alvin Hadiono, Country Learning and Development Head Citibank.

Alvin Hadiono, Country Learning and Development Head Citibank. Alvin Hadiono, Country Learning and Development Head Citibank.

Menurut dia, pengalaman, pendidikan, dan pekerjaan, bimbingan mentor, adalah filosofi pengembangan diri di Citibank. Mentor bisa berasal dari atasan karyawan langsung, pemimpin bisnis senior, hingga orang dari luar perusahaan yang kompeten di bidangnya.

“Semua level ikut pelatihan. Dari bawah hingga managing director. Sebisa mungkin kami mengambil pemimpin dari dalam. Saat ini, dari 5 orang BOD, hanya satu orang dari luar,” kata dia.

Beberapa program yang bisa diikuti adalah Leadership Development Program untuk membangun keterampilan manajemen dan kepemimpinan. Kemudian, Professional Skill Development Program untuk meningkatkan kemampuan profesional karyawan. Ada juga Management Associate Program, dan Risk Management Development Program.

Kemudian, Operation & Technology Development Program adalah pembelajaran untuk mendukung kompetensi manajemen operasi dan teknologi karyawan kami dalam rangka memaksimalkan nilai bisnis. Lalu, Institutional Clients Group dan Global Consumer Bank Development Program yang dirancang untuk membangun keahlian produk, kompetensi teknnis dan perilaku karyawan untuk mendorong kesuksesan bisnis.

“Globe Smart ini khusus manajemen kebudayaan agar bisa menyesuaikan dengan berbagai culture di seluruh negeri. Global Function Development Program, dirancang untuk meningkatkan pengetahuan karyawan pada berbagai fungsi global di Citi,” kata dia.

Beragam model pengembangan diri inilah yang membuat banyak karyawan betah di Citibank dan mau merekomendasikan Citibank sebagai tempat kerja ideal. Citibank juga disebut sebagai universitasnya para bankir seiring banyaknya penghargaan yang diterima di level nasional, Asia Pacific, dan global untuk pelatihan dan pengembangan diri.

“Dengan training misalnya leadership, karyawan semakin pintar memimpin. Pelatihan lain juga bermanfaat untuk lebih paham ekonomi, produk, konsumen, yang tentu saja akan menyumbang ke pencapaian bisnis,” kata dia. (Reportase: Nerissa Arviana)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)