Marketing Trends

Cara Memilih KOL dan Influencer Management yang Tepat

Cara Memilih KOL dan Influencer Management yang Tepat

Saat ini para konsumen sangat aktif berkomunikasi di media sosial. Sebuah brand diharuskan membangun image dan mengikuti alur modernsasi pada dunia digital. Untuk meningkatkan pasar yang lebih spesifik, menggunakan influencer marketing atau sering disebut KOL (Key Opinion Leader) kian marak untuk mempromosikan brand atau produk terkini. Sederhananya, KOL adalah individu yang ide, ucapan dan kontennya diyakini oleh orang-orang (netizen) berpengaruh positif. Maka dari itu, semua brand harus teliti dalam memilih influencer untuk produk mereka.

Sebelum menentukan KOL, para brand harus tahu cara memilih influencer atau KOL yang tepat, yaitu: pertama, kenali audience atau konsumen. Poin ini penting saat pertama kali kita ingin menggunakan KOL. Dengan mengetahui target konsumen yang akan dituju. Poin ini sangat penting dilakukan agar memudahkan dalam memilih siapa KOL yang paling sesuai dan cocok dengan produk Anda.

Kedua, followers. Berapa banyaknya followers yang dimiliki oleh influencer atau KOL yang dipilih sangat berpengaruh pada pemasaran produk. Semakin banyak followers yang dimiliki semakin mudah kita mengestimasi seberapa banyak audiens atau konsumen yang akan melihat pesan tersebut. Tetapi, kita juga harus waspada dengan fake followers yang akhir-akhir ini marak digunakan untuk mempercepat atau menigkatkan followers. Sudah jelas influencer yang memiliki fake followers tidak baik untuk digunakan untuk marketing produk atau brand.

Ketiga, engagement. Pemasar perlu mengetahui bagaimana keterlibatan audiens pada post seorang KOL. Karena bagaimanapun, KOL nantinya yang akan menjadi penyambung sebuah brand kepada followers-nya. Seorang influencer yang baik, kontennya pasti akan selalu ramai dengan aksi dari followers=nya.

Keempat, relevansi brand. Seorang marketing perlu untuk memiliki KOL yang tepat dan mana yang memang cocok dan bergerak dalam bidang yang sama. Mereka perlu untuk mengetahui fokus konten dari KOL yang akan diajak kerjasama tersebut. Ini untuk memastikan bahwa setiap konten yang kalian berikan kepada KOL akan bisa diterima dengan baik oleh para followers influencer. Misalkan produk yang akan dipasarkan adalah produk kecantikan, maka KOL atau influencer yang paling tepat adalah beauty blogger atau beauty vlogger.

Perkembangan dunia digital di Indonesia yang sedemikian pesat, memberikan kemudahan suatu produk untuk melakukan promosi secara online. Salah satunya, dengan menggunakan jasa influencer.

Profesi ini biasanya merupakan peluang bagi kalangan Youtuber, selebgram, maupun blogger serta artis, yang memiliki banyak follower atau pengikut di media sosial Pasalnya, semakin terkenal seorang influencer, semakin besar pula power yang dimiliki untuk memengaruhi banyak orang terutama pengikutnya untuk membeli suatu produk.

Pendiri Inhands Agency Deo Cardi mengatakan, pihaknya bahkan membuat divisi khusus berkolaborasi dengan Digital Creator Network untuk membantu brand jika membutuhkan jasa menemukan KOL / influencer yang tepat dengan mengelola influencer, KOL, digital creator atau content creator mulai dari pembuatan ide, pemilihan talent, pengisian report, pembuatan content photo atau design serta editing video, hingga pengaturan jadwal posting content di platform YouTube, Instagram, Tiktok atau aplikasi social media lainnya tersebut.

Inhands Agency dan Digital Creator Network juga sudah menjadi agency partner yang sudah menyelesaikan lebih dari 100+ projek dengan bermacam-macam brand kategori Food & Beverage, SkinCare, Fashion & Lifestyle dan berkerja sama dengan lebih dari 1.000+ influencer, KOL, digital creator atau content creator dengan berbagai bidang. “Sehingga kami mempunyai pengalaman dan bisa memberikan jasa Influencer Management, KOL Management, Influencer Tiktok, YouTuber, Selebgram, Content Creator Management dengan Digital Creator Network untuk menyebarluaskan sebuah campaign dan awarness dari brand,” ungkap Deo.

Setelah menemukan influencer yang tepat, kita juga wajib memastikan bahwa konten yang dibuat untuk followers-nya nanti tepat sasaran. Kita mesti tahu bahwa influencer hanya sebagai perantara agar konsumen yang ditargetkan mengetahui brand ataupun produk. Hal ini dilakukan melalui konten yang akan diposting oleh influencer.

Swa.co.id

# Tag


    © 2023-2024 SWA Media Inc.

    All Right Reserved