Trends

Cara Shopee Dorong UMKM ke Pasar Global

Cara Shopee Dorong UMKM ke Pasar Global

Ingin mendorong UMKM Indonesia ke ranah global, Shopee Indonesia terus membuat program berskala kecil hingga besar sejak tahun 2019.

Head of Marketing Growth Shopee Indonesia Monica Vionna mencontohkan pihaknya telah membuat program Ekspor Shopee yang mendorong UMKM Indonesia memperluas pasar menembus luar negeri. Hingga saat ini sudah ada tujuh negara menjadi tujuan ekspor, yakni Singapura, Malaysia, Filipina, Thailand, Vietnam, Brasil dan Meksiko.

Dia menyebutkan dalam kurun waktu singkat yakni tiga tahun terakhir, Shopee mencatat UMKM yang telah mendaftar dan melakukan ekspor kini jumlahnya telah melebihi jumlah penonton di 60 lapangan sepak bola. “Busana muslim hingga batik khas Indonesia menjadi komoditas ekspor primadona di pasar-pasar mancanegara lewat Shopee Ekspor.,” ujarnya. Hal itu dibuktikan dengan kenaikan penjualan batik yang diekspor melalui Shopee pada 2021 mencapai 600 persen dibandingkan 2020.

Selain itu, pihaknya melakukan pembinaan UMKM Lokal lewat ‘Kampus UMKM Shopee’. Hingga kini, Kampus UMKM Shopee sudah tersebar di sembilan kota besar di Indonesia yakni Solo, Bandung, Jakarta, Yogyakarta, Medan, Samarinda, Balikpapan, Malang, dan Makassar. Kampus ini juga menyediakan fasilitas seperti studio foto dan studio live streaming, yang dapat digunakan secara gratis. “Kami juga ada Shopee Center untuk membawa transformasi digital hingga daerah pelosok,” tuturnya.

Tak hanya itu, Shopee juga telah bekerja sama dengan Pemerintah Kota Solo dan KBRI Perancis memamerkan kebudayaan tradisional Indonesia dan ribuan produk UMKM lokal di Le BHV Marais, salah satu mal tertua di Paris, Perancis. Lebih lanjut, Monica menyampaikan, pihaknya baru saja menghadirkan ‘Shopee Pilih Lokal’. “Nantinya ini yang menjadi ruang khusus bagi para UMKM memamerkan dan menjajakan produk-produknya untuk masyarakat Tanah Air,” jelasnya.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved