Marketing Trends

Cara YDBA Dorong UKM Binaan Masuk Pasar Daring

YDBA menggandeng PT Eka Cahaya Tunas Mitra ) yang sudah berpengamalan memasarkan produk UKM di pasar daring

Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) terus berupaya memperluas pasar untuk UKM binaannya. Terlebih di masa pandemi saat ini, bisa memasuki pasar daring merupakan salah satu yang sedang didorong YDBA saat ini.

Walau pasar daring atau marketplace saat ini banyak, bukan perkara mudah bagi UKM untuk bisa sukses berjualan di sana. Untuk itulah YDBA mengganeng PT Eka Cahaya Tunas Mitra (ECTM) yang sudah berpengamalan memasarkan produk UKM di pasar daring.

Disampaikan Ketua Pengurus YDBA Sigit P. Kumala sebenarnya sudah sejak Juni lalu, YDBA mengajak 10 UKM binaan dengan 52 jenis produknya dijual melalui Toko Pasti Puas dan Magvez. Dua merchant ini dikelola ECTM. Untuk Toko Pasti Puas merupakan merchant yang terdaftar di beberapa marketplace, seperti Shopee, Lazada, Bukalapak dan Blibli. Namun memang penandatangan kerja sama (MoU) baru bisa dilakukan hari ini (25/08/2020).

Melalui MoU ini YDBA berkomitmen untuk memastikan produk UMKM yang dipasok ke Toko Pasti Puas sesuai dengan standar quality, cost dan delivery (QCD). Sedangkan, Toko Pasti Puas berkomitmen untuk membeli dan memasarkan produk UMKM Binaan YDBA di toko daringnya.

Menurut Sekretaris Pengurus YDBA Ida R. M Sigalingging dalam kondisi sekarang, sangat penting membangun kolaborasi dalam pemasaran produk UKM di pasar online. Ida beralasan pentingnya masuki pasar daring bagi UKM dengan cara berkolaborasi adalah pasar sudah terbentuk, tidak perlu modal banyak, fitur dan regulasi sudah terbentuk dengan baik, dan dapat melakukan benchmark dengan pesaing.

Tania Seena Cahyono Pendiri ECTM pun mengamini, bahwa pihaknya telah lama bekecimpung lama di pasar daring. Nantinya dengan kolaborasi ini, UKM akan mendapat masukan apa saja yang perlu dikembangkan di tiap produk yang dititipkan di toko daringnya.

Salah seorang Pemilik UKM Aneka Loyang Binaan YDBA di Tarikolot Citeureup Bogor, H. Nuryaman mengaku produknya mengalami peningkatan penjualan luar baisa sejak mendapatkan kesempatan memasok produk Aneka Loyang ke Toko Pasti Puas. Sayang ia tidak menyebut peningkatannya.

Tentu pentingnya kolaborasi yang disampaikan Ida ini sejalan dengan harapan Sigit bahwa langkah kerja sama dengan ECTM sesuai dengan tagline YDBA “Semangat Kolaborasi Wujudkan Harapan”, “Kami berharap semangat kolaborasi ini dapat mewujudkan harapan UMKM menuju UMKM Mandiri, naik kelas hingga go global,” ujarnya.

Edtor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved