Cerita Sukses Transformasi Digital Corsec Pegadaian Selama 2 Tahun

R. Swasono Amoeng Widodo, Sekretaris Perusahaan PT Pegadaian mengatakan seorang corporate secretary harus menampilkan citra perusahaan yang baik ke masyarakat (Foto: Anastasia/Swa)

Keberadaan Corporate Secertary atau Corsec dalam suatu perusahaan terbilang penting. Hal tersebut diatur dalam Peraturan OJK No. 35/POJK.04/2014 Tahun 2014 tentang Sekretaris Perusahaan Emiten atau Perusahaan Publik. Jabatan ini juga dianggap sebagai jabatan strategis, karena berada di bawah komando langsung Direktur Utama Perusahaan.

“Seorang Corsec harus mengetahui segalanya. Dia harus menampilkan citra perusahaan yang baik ke masyarakat,” kata R. Swasono Amoeng Widodo, Sekretaris Perusahaan PT Pegadaian dalam webinar bertajuk The Rising Power of Corporate Secretary: Building Corporate Reputation and Stakeholders Trust yang dilaksanakan oleh SWA dan Swanetwork (28/10/2021).

Amoeng menambahkan, dikarenakan posisinya yang wajib mengetahui segala hal, maka seorang Corsec harus bisa memberikan masukan yang objektif kepada direksi, serta mengharmoniskan hubungan antara direksi dengan karyawan hingga ke level bawah. Dalam prosesnya, Pegadaian melakukan transformasi di tubuh corsec untuk mengoptimalkan kinerja perusahaan dalam mengatur hubungan lintas internal dan eksternal ini. “Selama tahun 2020, kami melakukan banyak kegiatan, misalnya membuat platform e-office untuk mengurus administrasi," kata dia menambahkan.

Platform ini dioperasikan untuk mengatur nota dinas kegiatan eksternal maupun internal perusahaan. E-office telah beroperasi selama setahun dan baru dioperasikan di wilayah Jakarta. Amoeng menargetkan platform ini akan serentak diberlakukan di seluruh Indonesia pada tahun 2022 mendatang. Sementara itu, untuk tetap relevan dengan zaman, Pegadaian juga mengoperasikan website dan media sosial. Kedua lini tersebut dibuat sebagai jalur komunikasi dengan masyarakat dan para nasabah, khususnya generasi milennial. “Web kami, menurut PPID, saat ini sudah berada di rangking 11, dari sebelumnya bertengger di rangking 54,” kata Amoeng.

Pegadaian juga saat ini telah membangun platform untuk mengatur management list agenda yang diberinama Melinda. Platform tersebut dibuat untuk memasukan agenda kegiatan BOD di setiap harinya. Sehingga, Corsec bisa memonitor dan mengatur agenda BOD dengan lebih efisien. Tidak sampai disitu saja, perseroan juga mengembangkan platform untuk mengatur rapat meeting para BOD melalui aplikasi andorid dan web yang diberinama Ameta.

Melalui aplikasi tersebut, petugas bisa mengetahui dan mengelola ruangan dengan lebih mudah, termasuk mengatur alat yang akan digunakan, hingga menghitung snack yang dibutuhkan. "Platform ini terbukti menjadikan kerja kami lebih efisien dan akurat. Sebelumnya, pada saat menggunakan cara konvensional, agenda rapat BOD sering bertabrakan antra satu dengan lainnya," kata dia.

Sedangkan, untuk mengatur data-data seluruh BOD dan BOC, Perseroan juga mengembangkan sistem terintegrasi dengan nama integrated corporate secertary system. Sistem tersebut memudahkan divisi Corsec untuk mencari data yang dibutuhkan untuk kemudian diolah menjadi informasi. "Ke depan, website Pegadaian akan tersedia di Ios dan Andorid pada tahun 2022 . Selain itu, website juga akan dibuat lebih interaktif sehingga memungkinkan masyarakat melakukan transaksi disana," ujarnya.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)