Business Research Trends

Daftar Public Relation Terbaik Versi TPR Award 2020

Manajemen komunikasi public relations (PR) penting untuk mencegah terjadinya kesalahan komunikasi. Tanggung jawab soal strategi komunikasi dan informasi agar lembaga tetap mendapat kepercayaan dan sentimen positif dari masyarakat ada di tangan seorang PR.

Latar belakang itulah yang mendorong diberikannya apresiasi Teropong Public Relations (TPR) Award 2020 yang digelar oleh media Teropong Senayan. Tujuannya, memberikan apresiasi terhadap peran dan fungsi PR dalam menunjang kinerja sebuah institusi maupun perusahaan sehingga tercipta pemberitaan dan citra yang positif di masyarakat.

Pemimpin Redaksi Teropong Senayan, Rihad Wiranto, mengatakan penghargaan ini berlandaskan pada proses riset dengan metode media content analysis. Metode ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana isi dan pesan sebuah konten dari berbagai pemberitaan mengenai instansi yang bersangkutan.

“Umumnya sebuah pemberitaan, baik itu internal maupun eksternal, terhadap sebuah institusi dapat diketahui maknanya, apakah pemberitaan itu mengesankan pesan positif atau negatif, dan yang pasti akan berdampak pada khalayak. Di ranah eksternal institusi, akan kita dapati bagaimana sentimen masyarakat. Institusi yang mendapat sentimen positif menandakan kinerja public relations terjalankan dengan baik,” kata Rihad.

Kajian riset ini juga didasarkan pada desk riset, media insight, dan review dari juri TPR Award 2020 yang terdiri dari: Komisi I DPR RI, Meutya Viada Hafid; Wakil Ketua Persatuan Humas (Perhumas), Rizka Septiana; dan Ketua Umum Asosiasi Public Relations Indonesia, Jojo S. Nugroho.

Menurut Rihad, proses awal mengandalkan strategi media monitoring dengan mengamati pemberitaan secara online terhitung sejak awal tahun mengenai institusi, perusahaan, hingga yayasan yang berada di lingkup pemerintah maupun swasta. Tahap awal lalu dilanjutkan pada proses cleansing and selection oleh tim juri untuk memastikan peserta yang memenuhi kualifikasi.

Proses berlanjut dengan menetapkan institusi dan perusahaan yang dinilai mempunyai planning, strategy, and solutions terhadap manajemen komunikasi publik oleh Public Relations. Mereka yang terpilih, kata Richard, berhak mendapatkan apresiasi pada ajang Teropong Public Relations Award 2020.

Ketua Umum Asosiasi Perusahaan PR Indonesia (APPRI), Jojo S Nugroho, mengatakan sejak merebaknya pandemi COVID-19, profesi PR mendapatkan sejumlah tantangan. Di antaranya hal koordinasi komunikasi dengan publik. Protokol kesehatan, kata Jojo, membuat komunikasi, semisal, konferensi pers, harus dilakukan secara virtual.

Kendala lain, kata Jojo, pandemi telah mengakibatkan finansial organisasi perusahaan maupun institusi menurun. Dalam keadaan yang sulit seperti itu, perusahaan terpaksa melakukan transformasi bisnis dari cara-cara konvensional menjadi digital, sehingga dana operasional kehumasan kerap terkena imbasnya. “Ketika bisnis turun pada sebuah perusahaan, maka budget yang pertama dipotong adalah budget marketing dan PR,” kata Jojo.

Sementara itu, Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Dirjen IKP Kominfo) RI, Widodo Muktiyo, mengatakan PR adalah jantung organisasi yang berperan menstimulasi publik dengan informasi.

Oleh karenanya, setiap PR organisasi memiliki caranya sendiri dalam mengelola komunikasi dan menjaga hubungan baik dengan publik, terutama dalam hal menciptakan brand perusahaan. “Komunikasi publik adalah basis kesepemahaman untuk menghasilkan cita-cita organisasi,” ujarnya.

Pengurus Pusat Perhimpunan Hubungan Masyarakat Indonesia (PP Perhumas), Rizka Septiana, mengatakan di era digital dan pandemi seperti sekarang, penting bagi praktisi Public Relations membangun engagement yang kuat dengan media. Hal ini mengingat pemberitaan yang ditayangkan media mampu memengaruhi opini publik.

“Dalam konteks perusahaan, pemberitaan media dapat memengaruhi opini publik terkait image merek maupun reputasi perusahaan. Sementara itu, dalam konteks pemerintah, pemberitaan media turut mempengaruhi opini publik terkait kebijakan yang dicanangkan,” jelasnya.

Berikut daftar peraih penghargaan Teropong Public Relations Award 2020: Untuk kategori Best Active Social Media: Transportasi Transjakarta, Prudential Life Assurance, Pegadaian, Aksi Cepat Tanggap, . Kepolisian Negara Republik Indonesia, Wahana Ottomitra Multiartha, Bank Mandiri. Kategori Best Use of Digital Innovation: Pegadaian , BNI, Telkom, Bank DKI, Bank Mandiri , BNI Lie Insurance, Transportasi Jakarta.

Kategori Best CSR of Communication: Pertamina, Aksi Cepat Tanggap, Pertamina Lubricants, Telkom, Wahana Ottomitra Multiartha. Kategori Best of Media Relation: Telkomsel, Pertamina, Pertamina Lubricants dan Kepolisian Republik Indonesia. Kategori Best Appearance Online and Print Media: Pertamina, BNI, Bank DKI, Telkom

Kategori Best Community Engagement: Bank DKI, Pertamina Lubricants dan Kapal Api Global. Kategori Best Government: Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, Kepolisian Negara RI dan Badan Pemeriksa Keuangan RI. Sedangkan kategori PR of The Year: Telkom.

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved