Dampak Ekonomi Pesta Olahraga Asian Games 2018

Penyelenggaraan Asian Games 2018 di Jakarta-Palembang akan berdampak positif terhadap national brand Indonesia, peningkatan kompetensi SDM, infrastruktur olah raga dan perekonomian nasional.

Hal ini dituturkan Ketua Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committee/INASGOC), Erick Thohir, di Paparan Publik Laporan Akhir Tahun Panitia Asian Games 2018 di Jakarta (11/12/2017) malam.

Erick mengemukakan, INASGOC mendapatkan dana dari pemerintah sebesar Rp4,5 triliun dan dana sponsorship dari perusahaan swasta plus perusahaan BUMN senilai Rp 1,1 triliun.

Asian Games 2018 Jakarta-Palembang memiliki daya tarik tersendiri bagi sponsor. Buktinya, dana yang ditargetkan sejak awal bisa terkumpul meski ajang empat tahunan tersebut baru akan dilaksanakan pada 18 Agustus 2018 mendatang.

"Alhamdulillah, saya bisa mencapai dana dari sponsor sebesar Rp1,1 triliun. Kebutuhan dana untuk Asian Games ternyata terus naik," ujar Erick. Jumlah dana dari sponsor itu, menurut Erick,  terdiri dari uang tunai dan dana sponsor yang dikonversi ke jasa serta barang senilai Rp 350 miliar.

Erick menegaskan, pihaknya akan mengoptimalkan dana sponsor itu.INASGOC telah menyerap penggunaan anggaran senilai Rp 2 triliun sepanjang tahun 2017. "Berkaitan dengann anggaran, dari alokasi Rp2 triliun, penyerapan yang dilakukan sudah 98%. Porsi terbanyak anggaran diserap Deputi III, Games Supports yang menangani IT dan broadcast," paparnya.

Dia menekankan penyelenggaraan Asian Games 2018 akan berdampak ke semua sektor."Dampak ekonominya, kita juga bisa menciptakan lapangan pekerjaan. Investasi juga bagian penting dari ekonomi," ujar pria yang menjabat Presiden Inter Milan ini.

Perusahaan swasta yang mendukung Asian Games 2018 di antaranya Grab (prestige sponsor), Astra, Samsung, Sinar Mas, Indofood, SsangYong Information Communication (sponsor), dan Alfamart (supports sponsor).

Sinar Mas dan Grab dalam pernyataan tertulis di pekan lalu menyatakan komitmennya mendukung Asian Games ke-18. Managing Director Sinar Mas. G. Sulistiyanto, mengatakna dukungan diberikan Sinar Mas melalui pilar usahanya Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas.

Menurut Sulistiyanto, dukungan ini bukanlah sponsorship semata, tapi juga investasi jangka panjang. Jakarta dan Palembang akan memiliki sejumlah fasilitas olahraga terkini dengan standar internasional.

Sulistiyanto menyebutkan APP Sinar Mas membangun gedung bowling centre sebagai salah satu venue di Palembang dengan menyedot investasi lebih dari Rp 26 miliar. Pembangunan gedung bowling ini akan selesai akhir tahun ini dan diserahterimakan awal tahun 2018. "Secara tunai kami juga membantu biaya sponsorship senilai US$ 4 juta untuk kegiatan Asian Games 2018," jelas Sulistiyanto.

APP Sinar Mas turut menguatkan gaung Asian Games melalui produknya Sinar Dunia (SiDU) sebagai official paper dan Paseo sebagai official tissue. Selain itu, Sinar Mas Land juga telah memberikan komitmen serupa untuk Asian Games ke-18 nanti. Dukungan tidak hanya diberikan pada pembangunan atau penyempurnaan fasilitas olahraga, karena sebelumnya Sinar Mas bersama sejumlah perusahaan lain juga telah bersinergi dalam renovasi Bundaran Hotel Indonesia.

"Sinar Mas melalui unit usaha Sinarmas Land juga membantu renovasi gedung-gedung olah raga di Jakarta dan sekitarnya yang akan digunakan para atlit untuk berlatih menghadapi Asian Games ini. Pengerjaannya sudah dilakukan selama setahun terakhir dengan total biaya sekitar Rp 70 miliar," tambah Sulistiyanto.

Grab mengumumkan partisipasinya sebagai Official Mobile Platform Partner for Transportation and F&B Delivery di Asian Games 2018, yang akan digelar pada tanggal 18 Agustus - 2 September 2018 di Jakarta dan Palembang.

“Kobarasi semangat para atlet telah menginspirasi kami untuk memberikan pengalaman terbaik guna menyukseskan Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games 2018," ungkap Ridzki Kramadibrata, Managing Director, Grab Indonesia.

Perwakilan dari 45 negara peserta akan berkeliling di dua kota penyelenggara yaitu Jakarta dan Palembang menggunakan rangkaian layanan transportasi Grab, baik roda empat maupun roda dua. Sebagai mitra transportasi dan pengantaran makanan resmi Asian Games 2018, Grab akan melayani kebutuhan transportasi lebih dari 15.000 atlet, anggota kontingen, dan ratusan ribu pengunjung termasuk turis baik lokal maupun mancanegara di Jakarta dan Palembang.

www.Swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)