DBS SME Banking Fokus Kembangkan Ekosistem Wirausaha

Memulai bisnis memang tidak semudah membalikan telapak tangan. Risiko kerugian yang tinggi kadang menjadi pemikiran hati-hati bagi pelaku bisnis. Selain itu modal yang menjadi fondasi utama dalam membuka sebuah bisnis kadang juga menjadi pertimbangan dalam proses perintisannya.

Pinjaman modal sangat dibutuhkan oleh pelaku bisnis, terlebih pinjaman dari lembaga keuangan yang memberikan layanan lengkap, aman dan sesuai kebutuhan usaha. Mentoring serta konsulasi bisnis dan keuangan juga dapat menjadi faktor pendukung dalam menjalankan bisnis tersebut.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) pertengahan 2017 jumlah wirausahawan di Indonesia sebesar 3,1% dari total penduduk. angka ini naik dari 1,7% pada tahun sebelumnya. Memang proporsinya masih dibawah Singapura sebesar 7%, Malaysia 6%, dan Thailand sebesar 5%. Kondisi ini lebih ditingkatkan oleh Kementerian Koperasi & Usaha Kecil Menengah untuk menyiapkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) berbunga rendah sebesar 9%.

Di sini peran perbankan untuk mengisi dan meningkatkan permintaan modal usaha bagi wirausahawan tersebut. Kehadiran teknologi finansial atau fintech juga menjadi angin segar dan dukungan bagi pelaku bisnis. DBS Indonesia melalui layanan DBS SME Banking memberikan inovasinya terhadap fenomena ini. Melalui layanan ini nasabah bisa mengajukan peminjaman modal usaha dengan menjaminkan properti dan deposito berjangka mereka.

Melalui layanan DBS SME Banking, DBS Indonesia menyediakan berbagai layanan untuk mendukung keberlangsungan bisnis yang dijalankan para wirausahawan. “DBS menyediakan aplikasi mobile yang didesain untuk UMKM. Aplikasi ini menyediakan penasihat bisnis virtual dan informasi terkait tren pasar terbaru. Lewat aplikasi ini nasabah dapat mengakses secara eksklusif ke komunitas bisnis. Termasuk di dalamnya modal ventura dan para wirausahawan dari seluruh Asia,” ungkap Joyce Tee, Regional Head of DBS SME Banking.

Menurut Joyce Tee, DBS Indonesia ingin memberikan wawasan dan akses untuk membangun bisnis serta mempertajam keunggulan kompetitif wirausahawan. Keseriusan DBS Indonesia untuk memberikan pelayanan SME Banking dibuktikan dengan diraihnya penghargaan sebagai bank khusus UMKM terbaik di Asia Pasifik pada 2016. DBS juga ditetapkan sebagai bank paling aman di Asia Pasifik, serta bank digital terbaik di dunia versi Euromoney Awards of Excellence pada 2016.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)