Business Research Trends

Deretan Brand yang Sukses Membangun Popularitas di Ranah Digital

Deretan Brand yang Sukses Membangun Popularitas di Ranah Digital

Laporan Data Never Sleeps 2021 yang dikeluarkan oleh Domo, perusahaan sistem operasi berbasis cloud, dalam satu menit terjadi 5,7 juta pencarian di Google, 44 juta aktif di Facebook, 6 juta orang belanja online, dan masih banyak lagi. Data itu menunjukkan betapa tingginya aktivitas digital yang saat ini terjadi.

Pesatnya perkembangan teknologi digital tersebut telah membawa gelombang digitalisasi di berbagai aspek kehidupan. Tak terkecuali dalam bidang bisnis, tingginya aktivitas masyarakat di ranah digital memberikan peluang bagi brand untuk membangun brand awareness dengan lebih mudah namun dengan dampak yang lebih masif.

Dengan ekosistem digital yang semakin luas, upaya membangun brand awareness yang dapat dilakukan adalah meningkatkan popularitas di mesin pencari. Cara itu dapat dilakukan dengan memperbanyak pemberitaan di media, membangun media sosial, atau membuat official website. Dengan cara ini membuat sebuah brand semakin dikenal masyarakat di ranah digital.

Mengapresiasi brand-brand pilihan konsumen, Infobrand.id bekerja sama dengan Tras n C Indonesia, serta IMFocus Digimarketing Consultant Certified Google Partner, menyelenggarakan penghargaan Indonesia Digital Popular Brand Award 2021. Tri Raharjo, CEO Trans n Co Indonesia menjelaskan, penghargaan ini diberikan pada brand-brand di Indonesia yang dinilai sukses membangun popularitas serta meningkatkan aktivitas brand-nya melalui media digital atau internet, sehingga unggul dan populer dibandingkan brand lainnya.

“Indonesia Digital Popular Brand Award 2021 Fase 4 ini diberikan melalui tiga parameter penilaian, yakni Search Engine Based, Social Media Based, dan Website Based dengan melakukan riset kepada 150 kategori produk dan lebih dari 1.000 brand terriset di Indonesia pada Juli-September 2021,” ujarnya.

Berdasarkan riset Indonesia Digital Popular Brand Award 2021 Fase 4, ada 10 kategori paling dicari antara lain; Situs Jual Beli Online (13,32 juta), Jasa Kurir (3,16 juta), Multiplatform Televisi Kabel (2,7 juta), Aplikasi Booking Penginapan/Hotel (1,4 juta), Supermarket Perkakas Rumah & Dekorasi (478,1 ribu), Apotek (439,5 ribu), Departemen Store (404,3 ribu), Surgical Face Mask (194,8 ribu), Mobil MPV (179,1 ribu), dan Bengkel & Aksesoris Motor (175,1 ribu).

Berikut deretan brand peraih penghargaan Indonesia Digital Popular Brand Award 2021, adalah Panasonic (Pompa Booster dan Pompa Air Listrik), Philips (UV-C Disinfection Lamp), Avrist Asya Link (Asuransi Jiwa Syariah), Vitalis (Body Cologne Wanita), Fibrefirst (Suplemen Serat), Paramount Land (Developer Perumahan), Softies (Surgical Face Mask), JNE (Jasa Kuris), Mitra Keluarga (Rumah Sakit), Kimia Farma Apotek (Apotek), Depo Air Minum Biru (Depo Air Minum Isi Ulang), Green Nitrogen (Outlet Nitrogen) dan lainnya.

Dalam kesempatan itu, diberikan pula penghargaan khusus untuk kategori Program Studi Magister Manajemen untuk kampus negeri di Indonesia, antara lain Universitas Airlangga, Universitas Padjajaran, Institut Pertanian Bogor, Institut Teknologi Bandung, Universitas Diponegoro, Universitas Indonesia, Universitas Sebelas Maret, Universitas Sumatera Utara, dan Universitas Brawijaya. “Selain itu masih banyak perusahaan dan brand lainnya yang memenuhi kriteria pemenang Indonesia Digital Popular Brand Award 2021 untuk fase ini,” tutur Susilowati Ningsih, CEO Infobrand Group, Infobrand.id, dan Tras n Co.

Editor : Eva Maartha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved