Di Balik Viralnya Video ‘Pertanyaan Unik’ di Jakarta dan Bekasi

Jika biasanya kita melihat videotron berisi potongan iklan video atau gambar, yang menampilkan gambar produk dan bintang iklan, kali ini hanya berisi pertanyaan-pertanyaan unik seperti “Apa Kepanjangan dari Kepo”, “Gedean mana Diskon 70% atau 50%+20%”, “Kamu di jalan atau dijalan?”, disertai QR Code kuning di bawahnya.

Fenomena unik itu terjadi langit  Jalan Sudirman, Jakarta Pusat sejak Jumat pagi (17/6/2021).  Videotron “Pertanyaan Unik” tepatnya di Gedung Menara Sudirman terpasang di layar lebar 24 x 12 M tersebut, mencuri perhatian pengguna jalan, dan warganet yang kepo.

Tidak hanya di Jakarta. Pantauan dari SWA Online di Bekasi, videotron “Pertanyaan Unik” juga terpasang di sisi jalan utama, seperti di Jalan Ahmad Yani. Pengguna jalan yang sempat kami temui di lokasi juga tertarik akan fenomena ini. Seperti  Fairuz yang kami temui di kawasan Sudirman, Jakarta Pusat. “Saya sempet mencoba QR Code yang ada di layar. Pertama, pertanyaan yang muncul itu sering ditemui dalam  kehidupan sehari-hari, tapi kita tidak pernah berusaha mencari tahu. Dan menarik.  Kok kepikiran ya, naikin pertanyaan beginian, sehingga siapa saja yang melihat akan penasaran. Paling tidak Googling untuk mencari tahu informasi tersebut,” ujar Fairuz.

Pertanyaan-pertanyaan tidak serius di videotron itu pun ditanggapi beragam oleh netizen. Reza seorang warga Bekasi misalnya, dia melihat isi video yang serupa. “Ini buat becandaan apa gimana ya? Saya sudah coba jawab pertanyaannya setelah masuk di link QR Code, mentok di soal matematika. Pertanyaannya ngeselin ya, bingung jawabnya,” ujarnya kesal.

Ya, konsep videotron “Pertanyaan Unik” di Sudirman menjadi bahan perbincangan juga para warganet +62.  “Bisa-bisanya ada soal di videotron begitu woy, apa maksudnya”sebut Egita Rizkia dalam cuitannya. Begitu halnya Novi yang mengatakan,” Sultan kali itu, soal aja dipajang di videotron, biar bisa membuat orang pusing tambah pusing wkwk wk.”

Nah, untuk menelusuri siapa yang memasang videotron “Pertanyaan Unik” ini, jurnalis SWA Online mencoba scan QR Code yang ada di layar videotron. Setelah itu link akan diarahkan ke situs mulaidarimanaja.com. Lalu, kita akan diajak menjawab pertanyaan-pertanyaan seperti yang ada di layar videotron, dan diberi 2 opsi jawaban. Benar atau salah jawaban kita, nanti akan dijawab di di email kita, setelah menjawab beberapa pertanyaannya.

Di tengah maraknya iklan digital di layar gadget kita, billboard dan videotron yang mengundang social experiment atau ketrelibatan orang,  akan ampuh untuk menarik perhatian traffic pejalan kaki dan pengguna kendaraan, jika dikonsep dengan kreatif. Tidak hanya dipakai oleh perusahaan, billboard dan videotron sering juga digunakan oleh beberapa pihak untuk menyampaikan pesan. Seperti lamaran pernikahan, berita singkat, sampai iklan capres.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)