Management Trends

Digitalisasi Bawa Produk Indonesia Go Global, Shopee Perbanyak Edukasi UMKM

Digitalisasi Bawa Produk Indonesia Go Global, Shopee Perbanyak Edukasi UMKM
Christin Djuarto, Direktur Eksekutif Shopee Indonesia (kiri) dan Gita Wirjawan, Pendiri Podcast Endgame & Mantan Menteri Perdagangan RI (kanan)

Sejak hadir di Indonesia tahun 2018, Shopee telah membantu lebih dari 5 juta penjual aktif yang didominasi oleh para pelaku UMKM. Hal ini diungkapkan oleh Direktur Eksekutif Shopee Indonesia Christin Djuarto saat berbincang dengan Gita Wirjawan dalam Podcast EndGame. Namun Christin menambahkan walau 5 juta terlihat banyak sebenarnya potensi para pelaku UMKM di seluruh Indonesia untuk go digital masih luas.

Perempuan asal Medan ini juga berbagi pengalamannya saat berkeliling ke berbagai pasar di Indonesia, ia menemukan para penjual banyak yang belum masuk ke dalam ekosistem digital. Maka Shopee fokus untuk membantu mereka agar dapat terdigitalisasi. Banyak pelaku UMKM yang ingin bergabung ke dalam ekosistem digital, tapi ragu akibat tidak mengetahui caranya.

“Makanya kami buat lebih banyak lagi pusat-pusat edukasi melalui Kampus UMKM Shopee, di kampus-kampus ini jadinya kita buat markas, mereka bisa datang. Jadi, tidak asa alasan takut atau tidak tahun mau bertanya kepada siapa. Di situ selain ada tim yang mendampingi, juga ada kelasnya yang akan mengajarkan dari hulu ke hilir,” jelasnya.

Digitalisasi UMKM membawa produk lokal dapat dijangkau oleh masyarakat yang lebih luas bahkan hampir ke seluruh Indonesia dan juga mancanegara. Salah satu program yang digalakkan oleh Shopee adalah membantu produk lokal dapat merambah pasar internasional dengan Kampus UMKM Shopee Ekspor.

Di kampus ini para pelaku UMKM akan didampingi dan dibantu dari mulai produksi, pemasaran, logistik, hingga distribusi produknya ke luar negeri. Christin optimistis bahwa dengan digitalisasi mampu membawa produk lokal go global.“Saya bisa membayangkan peran UMKM sudah bisa meningkatkan produksi, produktivitas ditopang dengan teknologi, ditopang dengan inklusi keuangan, mereka bisa melakukan ekspor bukan hanya ke ASEAN, tapi bisa sampai ke berbagai negara lain, termasuk Amerika Latin,” dia menambahkan.

Dengan semakin banyak produk Indonesia yang diekspor akan membantu menyeimbangkan neraca perdagangan Indonesia dalam hal ekspor-impor. Tentunya hal ini memberikan kontribusi terhadap perkembangan perekonomian Indonesia. Hingga kin, Shopeei telah membantu lebih dari 180.000 UMKM lokal melakukan ekspor ke berbagai negara, dengan fesyen muslim sebagai produk UMKM yang paling laris di pasar dunia.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved