Trends

Digitalisasi dapat Menyederhanakan Manajemen Logistik

Digitalisasi dapat Menyederhanakan Manajemen Logistik

Negara-negara kepulauan membuat pembangunan infrastruktur untuk operasi logistik dan rantai pasokan yang lancar menjadi rumit. Tantangan infrastruktur membatasi pemain logistik dalam melayani seluruh negara, meningkatkan ketergantungan pada beberapa pemain logistik kecil dan menengah. Tidak adanya dukungan teknologi semakin memperburuk masalah dengan meningkatkan ketergantungan manusia.

Akibat dari masalah tersebut adalah perang harga dan memperumit rantai pasokan dan manajemen logistik bagi para pemangku kepentingan. Selain itu, visibilitas pengiriman yang terbatas, inefisiensi pembayaran dan pengumpulan, proses berbasis kertas, skalabilitas logistik yang buruk, dan sebagainya, terus mengganggu UMKM di wilayah tersebut.

Menurut Soham Chokshi, CEO dan Co-Founder – Shipsy digitalisasi dapat menyederhanakan manajemen logistik dan menjembatani kesenjangan ini. Solusi manajemen logistik berbasis kecerdasan buatan (artificial intelligence) memberdayakan perusahaan untuk mengotomatisasi, mengoptimalkan, dan mendapatkan visibilitas menyeluruh atas operasi logistik untuk mengatasi tantangan yang disebutkan di atas.

Transformasi digital dapat membantu UMKM dengan memastikan skalabilitas pengiriman. Solusi manajemen logistik cerdas mengotomatiskan operasi logistik inti seperti alokasi tugas, manajemen sumber daya, pemilihan 3PL, perencanaan rute, pengembangan daftar, manajemen kapasitas, dan lainnya.

Untuk memastikan ketersediaan jam sibuk, platform semacam itu memungkinkan orientasi pengemudi paruh waktu atau lepas dengan mempertimbangkan data historis, biaya, produktivitas, kedekatan dari toko, dan faktor lainnya.

Untuk sebuah merek, kurangnya visibilitas dapat berarti visibilitas yang buruk terhadap pergerakan paket, operasi keuangan yang tidak jelas, ETA yang tidak akurat, dan banyak lagi.

“Solusi manajemen logistik membantu bisnis memperluas pembaruan real time ke pelanggan. Ini juga membuat mereka mendapatkan wawasan menyeluruh tentang 3PL dan pergerakan armada mereka sendiri. Selain itu, manajemen 3PL yang mudah memungkinkan pelaku bisnis untuk melacak beberapa pemain logistik melalui satu dasbor,” terangnya.

Soham mengatakan, transformasi digital dapat juga membantu UMKM untuk mengurangi biaya logistik. Pengiriman ulang, proses manual, komunikasi yang buruk dan lainnya berdampak pada peningkatan biaya logistik.

Ia menambahkan solusi manajemen logistik modern mengotomatiskan operasi pengiriman, mengoptimalkan konsumsi bahan bakar, mengurangi jarak tempuh, meminimalkan intervensi manual, mengoptimalkan pemanfaatan kapasitas, dan menghilangkan jarak tempuh yang kosong. Ini juga meningkatkan upaya pengiriman pertama dengan memperluas visibilitas pengiriman ke pelanggan akhir melalui ETA dan tautan pelacakan langsung. “Secara keseluruhan, ini dapat menghemat 12 persen di mid-mile dan 23 persen di last-mile cost,” ungkapnya.

Menurut Soham, perusahaan yang terlibat dalam perdagangan lintas batas, memiliki visibilitas ujung ke ujung atas pergerakan pengiriman memungkinkan pemangku kepentingan untuk mengurangi biaya tidak terduga hingga 34 persen karena peringatan otomatis memberi tahu tentang status pengiriman.

Platform manajemen logistik yang berbasis AI memungkinkan manajer pengiriman untuk membandingkan KPI secara efektif. Sistem dapat mempertimbangkan berbagai parameter seperti jumlah pengiriman tepat waktu, waktu pengiriman yang dibutuhkan, jumlah pengiriman yang dilakukan dalam waktu yang ditentukan, ketersediaan pengemudi pada jam sibuk, dan lain-lain.

“Perangkat tersebut juga memungkinkan penilaian kinerja pengemudi berdasarkan umpan balik pelanggan. Ini memicu pemberitahuan kepada pelanggan untuk memverifikasi alasan tidak terkirim. Selain itu, ia juga menyelam lebih dalam untuk memeriksa apakah pengemudi mengikuti rute yang direncanakan yang dibuat sistem atau tidak, untuk menyelidiki pengiriman yang tertunda.”

Menurut sebuah laporan, 65 persen konsumen menginginkan fleksibilitas pengiriman yang lebih besar. Oleh karena itu, pengiriman tepat waktu dan fleksibel dapat meningkatkan pengalaman pelanggan secara signifikan.

Transformasi digital juga mendorong operasi logistik berkelanjutan. Soham mengatakan, teknologi membantu perusahaan untuk menangkap dan merekam data transaksional secara elektronik. Ini menghemat konsumsi kertas dengan mendigitalkan proses dokumentasi.

Penelitian mengatakan mayoritas atau sebesar 57 persen konsumen bersedia mengubah kebiasaan pembelian mereka untuk mengurangi dampak lingkungan yang negatif. Oleh karena itu, di masa depan, konsumen lebih cenderung terlibat dengan perusahaan yang sadar akan pengurangan emisi CO2.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved