Gaya Moka Dukung UKM Kreatif

(ki-ka) Bayu Ramadhan, VP Brand & Marketing MOKA, Jafar Al Fakhry, Head of Community MOKA dan Omar Karim Prawiranegara, Owner Dua Coffee

JMoka, startup penyedia layanan Point of Sale meluncurkan kegiatan berbasis edukasi teknologi digital untuk UKM bertajuk A Cup of Moka (ACOM).

ACOM berfokus pada penyelenggaraan lokakarya tatap muka berisi edukasi bisnis untuk komunitas dan UKM di berbagai kota di Indonesia. Melalui acara ini, Moka menginisiasi sebuah wadah yang mempertemukan para pelaku UKM dengan para ahli di bidang yang berkaitan dengan pengembangan UKM untuk dapat meningkatkan daya saing dan kreativitas, serta memiliki tingkat kompetisi yang setara dengan bisnis besar lainnya.

Hal ini sejalan dengan visi Pemerintah Indonesia dalam Revolusi Industri 4.0 untuk memajukan UKM Indonesia agar bisa besaing dan mampu berinovasi dengan teknologi. Salah satu cara utama untuk mencapai visi tersebut adalah melalui pemberdayaan UKM Go-Online yang patut didukung dengan upaya UKM agar melek digital.

Di Indonesia sendiri, jumah UKM yang melek digital masih berada di bawah angka 20% dari total UKM. Padahal, pemanfaatan teknologi dapat mendorong produktivitas UKM untuk tumbuh dan berkembang di mana salah satu solusi yang dapat dijalani adalah dengan memberi pelatihan UKM di sektor digital.

ACOM bertujuan untuk memberikan dua manfaat utama bagi pelaku UKM. Pertama, melalui konten edukatif berisi materi data-drivenyang terbagi menjadi dua topik utama, yaitu business practice dan business inspiration di mana ACOM memadukan antara ilmu praktikal dan inspirasi bisnis dalam mengembangkan usaha. Mulai dari ilmu pemasaran UKM, manajemen keuangan, manajemen operasional, penggunaan sosial media untuk UKM, hingga berbagi ilmu dalam fotografi untuk bisnis.

Kedua, wadah kolaborasi di mana ACOM dapat menjadi perantara komunitas dan UKM yang ingin berkolaborasi langsung dengan program-program yang diadakan. Misalnya, untuk mempromosikan komunitas, networking , atau berpartisipasi dalam acara-acara komunitas UKM yang memiliki peserta sendiri.

Sebelum peresmian ini, ACOM telah menjalankan piloting program di 5 kota yaitu Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, Semarang, serta Bandung dan berhasil memberikan manfaat kepada lebih dari 200 pelaku UKM serta menggandeng puluhan mitra dari industri yang berbeda. Tentunya, ACOM terbuka untuk diikuti oleh bisnis dari industri dan entitas apapun selama tema yang dihadirkan relevan dan menarik bagi bisnis yang mereka geluti.

Bayu Ramadhan, VP Brand dan Marketing Moka, menjelaskan, pihaknya sedang membangun Moka Learning Hub yang ditujukan sebagai pusat berbagi ilmu dan inspirasi seputar bisnis melalui dua medium, baik offline maupun online. Untuk memaksimalkan inisiatif yang bersifat online, publik dapat mengakses Moka Blog dan konten edukasi berupa e-book seputar tren bisnis dengan tema berbeda-beda setiap bulannya, yang dapat diunduh secara gratis secara online dari manapun dan kapanpun.

Moka menargetkan sepanjang tahun 2019 akan mengadakan gelaran ACOM sedikitnya 37 kali dan memfasilitasi lebih dari 2.000 pelaku UKM serta mencakup kota-kota di luar pulau Jawa. Ke depannya, ACOM juga terbuka untuk berkolaborasi dengan berbagai pihak seperti pemerintahan, penyelenggara swasta, akademis, LSM, dan lainnya.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)