Management Trends

Dukungan XL Axiata untuk Kebangkitan Pariwisata Bali

Selama masa pandemi, XL Axiata tetap menjaga kualitas jaringan di seluruh Bali, dan selalu siap mendukung berbagai upaya untuk memulihkan pariwisata dan perekonomian daerah secara umum. Saat ini, jaringan di Bali telah menjangkau seluruh kabupaten/kota di Pulau Dewata. Ditopang oleh total lebih dari 6.500 BTS, sekitar 2.500 di antaranya BTS 4G.

“Bali yang sangat popular secara global sebagai destinasi wisata global sangat terdampak oleh pandemi Covid-19 setahun terakhir ini. Meskipun demikian, XL Axiata tetap mempertahankan kualitas jaringan dan layanan di seluruh Pulau Dewata. Kami tetap menjaga layanan karena selain wisatawan, pelanggan dari kalangan masyarakat setempat juga cukup besar, yaitu lebih dari 1,9 juta. Kami menyambut baik jika memang banyak pihak tergerak untuk melakukan work from Bali sehingga bisa ikut membangkitkan kondisi wisata di sini,” ujar Regional Group Head XL Axiata East Region, Dodik Ariyanto.

Menurut Dodik, XL Axiata selama ini terus melakukan penambahan kapasitas jaringan dengan cara upgrade kapasitas BTS maupun transmisi serta fiberisasi di seluruh area pulau Bali. Sejak setahun terakhir, utilisasi jaringan data di Bali sekitar 69%. Jadi masih cukup untuk menampung kenaikan trafik hingga sekitar 30% saat wisatawan mulai datang kembali lagi.

“Di seluruh Bali, sekitar 42% dari BTS XL Axiata telah terfiberisasi sehingga kualitas jaringan data yang ada saat ini sangat mendukung kebutuhan akses data oleh masyarakat, termasuk akses ke layanan data yang berkapasitas besar. Karena itu, jaringan XL Axiata di sebagian besar wilayah Bali siap untuk aktivitas bekerja yang kemungkinan membutuhkan koneksi yang cepat dan stabil, termasuk untuk mengunduh atau mengunggah data berkapasitas besar,” jelasnya.

Di sejumlah kawasan wisata paling popular di Bali, XL Axiata secara khusus memastikan jaringan berkualitas. Di Nusa Dua, jaringan XL Axiata ditopang oleh sekitar 48 BTS 4G dan 48 BTS 3G, Sanur sekitar 30 BTS, Kuta sekitar 66 BTS, Gianyar sekitar 74 BTS, Ubud sekitar 19 BTS, Tanah Lot sekitar 6 BTS, Denpasar lebih dari 345 BTS. Jika diperlukan, XL Axiata akan menyiapkan Mobile BTS untuk back-up menguatkan jaringan. Dengan kapasitas dan infrastruktur yang tersedia, XL Axiata optimis akan bisa memberikan layanan telekomunikasi dan data secara maksimal.

“Hampir semua wilayah Bali menjadi destinasi wisata, dan XL Axiata juga berupaya memastikan semua area wisata yang ada di sana terlayani jaringan data dengan kualitas baik. Karena itu, di mana pun wisatawan juga ingin melakukan work from Bali, jaringan kami siap melayani mereka. Selain itu, kami juga mememiliki sejumlah pilihan produk yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan untuk bekerja dari jarak jauh. Begitu juga dengan pusat layanan pelanggan, di Bali kami ada XL Center yang siap melayani apa pun kebutuhan pelanggan,” lanjut Dodik.

Beberapa produk layanan XL Axiata memiliki manfaat telepon dan SMS SMS ke nomor XL dan AXIS dan bisa dimanfaatkan untuk mendukung work from Bali. Produk-produk XL bisa dimanfaatkan oleh pelanggan yang memang berdomisili di Bali. Seluruh paket ini dapat diperoleh di lebih dari 4.400 toko pulsa yang tersebar di seluruh Provinsi Bali.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved