Trends Economic Issues zkumparan

Anugerah Bangga Buatan Indonesia untuk Apresiasi Produk Lokal

Pemerintah melalui Kementerian Perindustrian menyelenggarakan Anugerah Bangga Buatan Indonesia (BBI) 2020, sebuah anugerah yang diberikan kepada pelaku ekonomi kreatif atas upaya berkarya, berinovasi, dan bertransformasi.

Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dicanangkan Presiden Jokowi pada bulan Mei lalu sebagai upaya pemulihan ekonomi nasional. Adapun Anugerah Bangga Buatan Indonesia akan diselenggarakan pada 6 Desember 2020 mendatang. Dikutip dari siaran pers Kemenperin, acara ini mengusung 11 kategori penghargaan yakni fesyen, kriya, kuliner, manufaktur, aplikasi, game, musik, kecantikan dan kebugaran, serta event. Selanjutnya, akan dipilih Top 3 peserta untuk masing-masing kategori.

Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah, dan Aneka (Dirjen IKMA) Kementerian Perindustrian, Gati Wibawaningsih menilai, kualitas dari produk-produk dalam program BBI semakin baik. Hal ini dapat dilihat dari originalitas ide, produk yang mengusung kearifan lokal, serta inovasi, dampak dan manfaat dari poduk tersebut. Tidak hanya itu, pemanfaatan teknologi juga menjadi nilai penting produk tersebut.

“Dengan Anugerah Bangga Buatan Indonesia, harapannya produk kita akan mampu menggeser dominasi produk impor yang pada akhirnya akan mendorong konsumsi produk lokal dan mempercepat pemulihan ekonomi nasional,” ujar Gati.

Sebelumnya, Kemenperin melaksanakan kampanye dengan tema #SemuanyaAdaDisini yang telah dilaksanakan pada tanggal 1-15 Juli 2020. Kampanye ini secara strategis disinergikan dengan program e-Smart IKM, sebuah program digitalisasi IKM yang telah dilaksanakan Kemenperin sejak tahun 2017.

Kampanye #SemuanyaAdaDisini telah berhasil mengajak 3.958 pelaku usaha untuk mendaftar, yang kemudian diseleksi menjadi 2.017 IKM untuk mengikuti program pembinaan lanjutan dari Kemenperin. Program pembinaan yang diberikan meliputi webinar, workshop daring, pendampingan, fasilitasi sertifikasi produk dan fasilitasi katalog digital.

Katalog digital, menurut Gati, adalah agar masyarakat bisa mencari produk-produk IKM yang berkualitas dan bisa membeli melalui berbagai jalur transaksi digital diantaranya melalui online marketplace, website, media sosial, maupun aplikasi pesan seperti WhatsApp.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved