Trends Economic Issues zkumparan

Pandemi Lahirkan Kesadaran Finansial Milenial

Berdasarkan survei global terbaru Standard Chartered, dua pertiga orang Indonesia (bila dibandingkan angka global yaitu 64%) merasa kesulitan mengelola uang sejak pandemi dimulai. Milenial di Indonesia juga dilaporkan kecewa dengan tingkat pengembalian tabungan atau investasi mereka; mereka juga merasa kurang dapat mengontrol keuangan pribadi mereka dan lebih cenderung mengalami penurunan tingkat tabungan selama sebulan terakhir jika dibandingkan dengan mereka yang berusia di atas 45 tahun.

Namun dibandingkan generasi di atasnya, milenial dilaporkan lebih secara aktif mengejar tujuan keuangan jangka panjang. Sebanyak 33% generasi Milenial di Indonesia saat ini menabung untuk pembelian besar seperti mobil baru atau rumah, sementara 36% mencoba menabung lebih banyak untuk masa pensiun. Sementara itu, hanya 24% dari mereka yang berusia di atas 45 tahun menabung untuk pembelian besar, dan 31% mereka yang berusia di atas 45 tahun mencoba menabung lebih banyak untuk masa pensiun.

Sebanyak 24% generasi milenial di Indonesia ingin memonitor dan menganggarkan pengeluaran mereka dengan lebih baik; 38% ingin mengubah anggaran pengeluaran harian mereka; dan 30% sudah mulai menggunakan aplikasi baru untuk mengelola uang atau untuk penganggaran selama COVID-19. Sementara itu, 64% generasi Milenial yang belum mulai menggunakan aplikasi pengelolaan keuangan dan penganggaran, berencana melakukannya dalam tiga tahun ke depan.

Penerapan teknologi baru untuk membantu mengelola keuangan di tengah gejolak ekonomi saat ini bisa menjadi alasan banyak generasi milenial tetap yakin untuk mencapai tujuan keuangan. Sementara itu, di semua generasi, pandemi telah membuat orang lebih berhati-hati dengan tabungan dan pengeluaran, serta membuat mereka cenderung tidak berbelanja banyak.

CEO Standard Chartered Bank Indonesia, Andrew Chia mengatakan, pandemi telah menjadi katalisator yang tidak terduga, namun sangat nyata bagi para klien retail banking perusahaannya dalam memilih jalur digital untuk aktivititas perbankan harian.

“Kami punya alat perencanaan keuangan pribadi (SmartGoals) dan fitur investasi online (Online Mutual Fund/OMF) yang sudah tersedia di layanan perbankan online dan mobile banking Standard Chartered (SCmobile). Dengan ini, klien dapat dengan mudah mengakses perangkat yang berguna untuk membantu keuangan pribadi mereka,” ujar Andrew.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

# Tag


    © 2023-2024 SWA Media Inc.

    All Right Reserved