Efisiensi Cost Implementasi Layanan Private Cloud SAP Capai 50%

Banyak benefit yang didapatkan perusahaan jika mengImplementasikan solusi SAP HANA Enterprise Cloud. Keuntungannya antara lain, data-data yang diakses lebih real time, tugas eksekutif lebih fokus dan memiliki visibility dalam mengambil keputusan, menekan cost operasional. “Efisiensi biaya operasional bisa turun hingga 50% dengan penerapan solusi Private Cloud dari SAP,” jelas Budi Limansubroto, Solution Architect Director Abyor International.

Guna menerapkan layanan Private Cloud SAP, PT Abyor International --- perusahaan global penyediaan konsultasi TI dan manajemen solusi enterprises resource planning (ERP) dari SAP di Indonesia – bersama SAP hari ini memberikan edukasi mengenai pentingnya SAP HANA Enterprise Cloud dalam membantu organisasi bertransformasi menjadi perusahaan digital melalui workshop “Streamlining Operations in the Cloud – A Straightforward, Comprehensive Solution” di Raffles Hotel Jakarta. Workshop ini diikuti oleh para penentu keputusan perusahaan dari divisi IT, sumber daya manusia, dan keuangan dari 50 perusahaan dari berbagai sektor industri.

Budi Limansubroto, Solution Architect Director Abyor International (kiri)

“SAP HANA Enterprise Cloud (HEC) merupakan penawaran private cloud dari SAP. Layanan ini memungkinkan pelanggan dan mitra untuk menerapkan aplikasi HANA, SAP ERP, CRM, SAP BW dll di cloud pribadi mereka, yang sepenuhnya dikelola dan didukung oleh SAP. SAP HANA Enterprise Cloud juga mendukung aplikasi HANA kustom, termasuk aplikasi non-SAP sentris.,” ungkap Budi.

Karakteristik utama HEC adalah bahwa ini adalah layanan pengelolaan yang lengkap dimana SAP menyediakan infrastruktur serta penerapan dan pengelolaan aplikasi. Selain itu, pelanggan mendapatkan keuntungan dari keahlian SAP yang mendalam dalam teknologi SAP dan HANA. Pusat data dijalankan sepenuhnya oleh tim SAP. Manfaat lainnya, termasuk pengurangan biaya pengelolaan TI dan kemampuan pelanggan untuk meningkatkan sistem upgrade ke SAP.

Menurut Budi, mayoritas pemimpin TI di Indonesia masih memiliki pandangan tradisional terhadap komputasi awan. Padahal dengan meningkatkan beban kerja di cloud untuk berinovasi, akan mempersingkat waktu ke pasar, dan memaksimalkan potensi yang ditawarkan teknologi digital terbaru. Abyor International yang didukung dengan tenaga-tenaga ahli memahami seluk-beluk teknologi SAP siap membantu proses operasional perusahaan menjadi lebih sederhana lagi dengan memanfaatkan solusi cloud SAP.

SAP HEC dapat menjadi solusi jangka pendek bagi perusahaan menghadapi kewajiban untuk menempatkan data center perusahaan di wilayah Indonesia sebagaimana tertuang dalam PP No. 82 yang segera efektif pada bulan Oktober tahun ini.

Dijelaskannya, SAP HANA Enterprise Cloud memberikan pilihan implementasi yang lincah dan aman dengan tambahan keuntungan dari platform-in-memory SAP yang revolusioner, yakni SAP HANA dalam private cloud yang sepenuhnya dikelola secara private. Pelanggan dapat menyederhanakan kerja SAP HANA, termasuk suite aplikasi bisnis unggulan SAP S/4HANA.

Dengan kemampuan operasional dan manajemen yang berfokus pada implementasi yang lebih cepat, SAP HANA Enterprise Cloud dirancang dan dibangun untuk operasi penting. Dimanfaatkan untuk penggunaan produktif sebagai akselerator proyek, SAP HANA Enterprise Cloud menyederhanakan proses dan merupakan platform tepat untuk berinovasi.

Junaidi, Senior Business Manager Abyor International, menambahkan, kerja sama SAP dengan Abyor International memperluas kehadiran HANA Enterprise Cloud di Indonesia sebagaimana tersedia di Singapura, Thailand, Malaysia, dan Filipina. Dengan Abyor International yang kini menjadi bagian dari NTT Data memberikan keunggulan bagi Abyor International untuk dapat memenuhi persyaratan ketat bahkan dari perusahaan dengan kebutuhan terbesar sekalipun.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)