Empat Finalis The Big Start Indonesia 2017 Siap Jadi Creativepreneur

Akhirnya, momen yang ditunggu-tunggu datang juga. Program kompetisi bagi para creativepreneur muda, The Big Start Indonesia Season 2 yang diprakarsai oleh Blibli.com telah mencapai masa akhir. Proses panjang sejak Agustus lalu telah mengantarkan 4 finalis terbaik The Big Start Indonesia Season 2 menuju babak grand final yang diadakan di Hotel Indonesia Kempinski Jakarta (23/11/2017).

Empat finalis terbaik tersebut yaitu Oyoh De Kerupuk Jengkol (Imas Mintarsih-Sumedang), Uttara (Kris Samuel-Bandung), Indhe Bags (Ineu Mardiani-Jakarta) dan Ammossi (Ecky Anugrah-Jakarta) berhasil mengungguli 20.000 peserta lainnya dan berhasil melewati proses karantina dengan menyisihkan 16 finalis lainnya.

“Selama masa karantina, finalis menerima tantangan dari para juri dan juga dibekali dengan financial planning, e-marketing, customer service, logistic, legal, strategi pemasaran produk melalui platform digital sehingga ke depannya mereka dapat mengelola bisnis secara lebih luas dan profesional,” jelas Gusti Ayu Fadjar, Senior Vice President Marketing Blibli.com.

Juri untuk empat finalis ini tidak main-main. Mereka adalah Nadiem Makarim, CEO Go-Jek Indonesia, Martin Hartono selaku CEO GDP Venture, dan Kusumo Martanto, CEO Blibli.com.

Masing-masing finalis mendapatkan kesempatan selama tujuh menit untuk melakukan presentasi mengenai transformasi produk dan perencanaan bisnis mereka di depan dewan juri dan diteruskan dengan tujuh menit sesi tanya jawab dengan para juri. Finalis akan dinilai dari sisi startegi pengembangan produk (35%), prospek keuangan (35%), dan proses pitching (30%).

Menurut Ayu Fadjar, melalui The Big Start Indonesia, pihaknya menyaring begitu banyak produk kreatif anak muda yang potensial. Di grand final ini, para finalis akan menampilkan transformasi dari produk mereka menjadi produk yang lebih baik dari sisi kualitas produk dan lebih disesuaikan untuk target pasarnya. “Tentu saja kami optimis, setelah The Big Start Indonesia ini, produk mereka siap naik kelas dan bersaing di skala yang lebih besar,” dia menambahkan.

Ayu Fadjar menjelaskan, Blibli.com berharap para pemenang bukan sekadar mengejar modal usaha, tapi bagaimana pengalaman mengikuti The Big Start Indonesia dapat digunakan oleh para creativepreneur muda lokal sebagai wadah untuk mengasah kreativitas dan keterampilan dalam mengelola bisnis mereka melalui digital platform sekaligus menjadi inspirasi bagi creativepreneur muda lainnya.

Para pemenang akan mendapatkan modal usaha dari Blibli.com yaitu Rp 500 juta untuk juara ke-1, Rp300 juta untuk juara ke-2, Rp 200 juta untuk juara ke-3, dan Rp75 juta untuk juara ke-4. Selain itu, mereka juga akan mendapatkan bantuan untuk mendaftarkan Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) untuk produk mereka, akses pasar melalui Blibli.com.

The Big Start Indonesia 2017 didukung sepenuhnya oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (KOMINFO), Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF), Bakti Budaya Djarum Foundation, BCA, GO-JEK Indonesia, Podomoro University, Lenovo, So Good Food, Google, Youtube, Facebook, Instagram.

Www.Swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)