Trends

Enesis Group Gandeng SAP Indonesia Wujudkan Transformasi Digital

(Kiri-kanan) : Andreas Diantoro, Managing Director SAP Indonesia, Budiman Goh Direktur Operasional Enesis Group, dan Ketut S. Kamayana, Presiden Direktur PT Soltius Indonesia.

Enesis Grup mengandeng SAP Indonesia sebagai partner strategis untuk mengintegrasikan proses end-to-end dari pembelian hingga penjualan, secara tepat waktu dan akurat. Apalagi cakupan bisnis Enesis Group yang luas mulai dari pembelian, produksi sampai dengan penjualan di toko retail (online dan offline).

Menurut Budiman Goh, Direktur Operasional Enesis Group, untuk mengimbangi pertumbuhan bisnisdengan ketersediaan dan kemudahan akses informasi, maka menjadi penting bagi Enesis Group untuk dapat mengoptimalisasi kinerja operasionalnya.

Menurut Budiman, kerumitan integrasi data hampir merupakan fenomena di perusahaan, belum lagi bagaimana mengolah, menyajikan dan menginterpretasikan data agar dapat dijadikan alat pengambil keputusan. Era big data sudah menjadi bagian yang tidak dapat dihindari oleh semua perusahaan yang ingin sustain di industri.

Selain itu, SAP adalah market leader di software Enterprise Resource Planning (ERP) di dunia dan telah membantu berbagai macam ukuran perusahaan di berbagai macam industri. Dengan reputasi SAP terimplementasi di lebih dari 400 ribu perusahaan di dunia, Enesis Group memutuskan untuk mengggunakan program SAP.

Andreas Diantoro, Managing Director SAP Indonesia, menambahkan dengan memilih SAP, Enesis sedang dalam perjalanan untuk menjadi perusahaan yang cerdas. Sebagai pemain terkemuka di industri Fast Moving Consumer Goods (FMCG), Andreas menantikan perjalanan transformasi digital Enesis karena telah meningkatkan produktivitas dan operasi yang akan mengarah pada pengalaman karyawan dan pelanggan yang lebih baik.

Dalam implementasi program SAP, Enesis Group dibantu oleh PT Soltius Indonesia. Dengan pengalaman lebih dari 20 tahun dan telah membantu implementasi lebih dari 120 perusahaan, PT Soltius Indonesia telah menjadi partner yang handal bagi Enesis Group dalam mengidentifikasi kebutuhan Group, memberikan rekomendasi solusi serta membantu selama proses transisi dan implementasi program SAP. Hal ini terbukti dengan waktu implementasi program SAP oleh Enesis Group yang tergolong cepat dan tidak meleset dari rencana yaitu 6 bulan.

Budiman menambahkan dengan terimplementasinya tepat waktu, Enesis dapat meningkatkan integrasi perencanaan sehingga meningkatkan efektivitas pelaksanaan operasional. Seluruh jajaran dapat memiliki akses atas informasi yang akurat dan tepat waktu sehingga memudahkan Group dalam proses pengambilan keputusan. “Dengan adanya sistem yang handal kami siap untuk menjadi salah satu perusahaan terpercaya di bidang FMCG di Indonesia,” tegas Budiman.

Ketut S. Kamayana, Presiden Direktur PT Soltius Indonesia menambahkan Enesis Group berkomitmen untuk mengembangkan produk inovatif serta bertekad untuk menciptakan produk baru dan memperluas pasarnya baik secara lokal dan global.

Dengan menerapkan SAP S/4HANA (ERP), SAP Analytics Cloud (SAC), dan SAP Business Planning and Consolidation (BPC), Enesis Group akan meningkatkan penyederhanaan proses bisnis berdasarkan praktik terbaik.

Sebagai perusahaan FMCG, Enesis Group, telah mengembangkan 11 brand yang terdiri dari produk-produk household & personal care (non food), seperti Soffell, Kispray, Antis, ForceMagic, dan Plossa Press & Soothe Aromatics. Sedangkan produk ready to drink dan suplemen makanan (food) seperti Adem Sari, Adem Sari Ching Ku, Vegeta, Proman, Coolant, Tesona, dan Scrubber.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved