Marketing Trends

Experian Perkokoh Pasar Indonesia

Ilustrasi layanan Experian untuk mengelola data. (dok. Experian)

Perusahaan penyedia jasa layanan informasi dan analisis data asal Irlandia, Experian, kini semakin memperkuat keberadaannya di pasar Indonesia dengan membuka kantor permanen di negara ini. Kantor yang terletak di gedung World Trade Centre (WTC) 3, Jakarta menjadi salah satu bukti pertumbuhan kuat yang dialami perusahaan sejak memulai operasi di Indonesia pada tahun 2014.

Sejak saat itu pula Indonesia merupakan salah satu pasar paling cepat berkembang untuk Experian di Asia Pasifik. Pertumbuhan ini didorong oleh pesatnya digitalisasi Indonesia seperti yang ditunjukkan oleh Google-Temasek’s Economy SEA 2019 Report bahwa Indonesia merupakan rumah bagi ekonomi internet yang tercepat berkembang dan terbesar di Asia Pasifik di mana diperkirakan nilainya akan mencapai US$130 miliar di tahun 2025.

Ben Elliott, Chief Executive Officer Experian Asia Pacific, mengatakan, Experian berkembang semakin kuat di Asia Pasifik selama dekade ini. “Memperluas jejak kaki kami di Indonesia merupakan bagian dari visi kami yang lebih luas untuk menawarkan solusi-solusi yang inovatif untuk kalangan bisnis dan pada saat yang sama mempercepat penerapan inklusi keuangan di Asia Pasifik,” ujar Elliott dalam keterangan resminya, (28/11/2019).

Pada bulan Agustus 2018, Experian adalah investor utama bagi C88, perusahaan induk CekAja.com, putaran pendanaan Series C berhasil. Teknologi dan analitik Experian terbaik di kelasnya saat ini sedang ditampilkan oleh CekAja.com melalui platform Experian Atlas. Ini adalah platform teknologi yang memperkuat ekosistem digital dan berfokus pada konsumen dengan memanfaatkan data dan analitik untuk membantu masyarakat mendapatkan akses kredit yang lebih adil serta memungkinkan inklusi keuangan di seluruh dunia. Kolaborasi ini merupakan yang pertama dari beberapa kemitraan bisnis Experian dengan pasar keuangan online di Asia Tenggara.

Experian Indonesia menawarkan ragam produk dan solusi seperti Decisioning & Analytics (pengambilan keputusan dan analitik), Data Quality (kualitas data), dan Audience Targeting (menyasar audiens). Experian Indonesia juga telah meningkatkan layanan solusi Identity & Fraud (identitas & pemalsuan) dengan menyediakan platform peraih penghargaan, CrossCore . Platform ini membantu bisnis-bisnis memperbaiki deteksi aksi pemalsuan dan memungkinkan bisnis-bisnis untuk memberikan pengalaman pelanggan tanpa gesekan.

Selama lebih dari 5 tahun terakhir, Asia Pasifik telah menjadi salah satu pasar utama untuk Experian. Asia Tenggara telah menjadi pasar utama bagi Experian untuk menawarkan kemampuan baru untuk melepaskan penggunaan data alternatif untuk inklusi keuangan dan di kawasan ini, Experian memiliki kantor di Singapura, Malaysia, Indonesia, Thailand dan Vietnam. Keberadaan Experian tersebar di 44 negara dan memiliki 17.200 karyawan.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved