Marketing Trends zkumparan

Festival Belanja UC 11.11 Diikuti 7,5 Juta Pengguna di 6 Negara

UC Browser baru saja merangkum kampanye Festival Belanja UC 11.11 yang diadakan secara bersamaan di 6 negara, yaitu Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand, Vietnam, dan Rusia. Tercatat selama hampir dua minggu periode kampanye, 7,5 juta pengguna telah mengikuti kemeriahan Festival Belanja 11.11.

Penguna Indonesia menunjukkan antusiasme tertinggi atas festival belanja online tahunan ini dengan menyumbang 71% dari keseluruhan partisipan dari 6 negara. Jumlah tersebut mengalami peningkatan yang signifikan dibanding Festival Belanja 11.11 tahun lalu dengan mencatat 4,5 juta partisipan di Indonesia.

Festival Belanja UC 11.11 ini telah menghadirkan diskon, penawaran spesial, voucher eksklusif, dan beragam hadiah gratis. Menurut UC Browser, kampanye ini telah mendistribusikan sejumlah voucher belanja Lazada dengan nilai lebih dari Rp350 miliar kepada pengguna di Indonesia. Baik jumlah partisipan dan jumlah nilai hadiah yang didistribusikan mengalami peningkatan signifikan masing-masing sebesar 18% dan 5.700% atau 57 kali lipat dibandingkan kampanye 11.11 pada tahun lalu. Tingginya antusiasme dan kian meningkatnya partisipasi pengguna tidak hanya memuaskan pengguna akan pengalaman berbelanja yang menyenangkan, tetapi juga menghadirkan mitra merek akan sarana promosi solid dan menjangkau khalayak luas.

“Kami mencatat partisipasi pengguna yang lebih tinggi dibanding tahun sebelumnya. Kami memberikan nilai tambah bagi pengguna melalui penawaran terbaik yang menghemat pengeluaran, beragam konten rekomendasi yang memudahkan pengambilan keputusan pembelian, dan beragam hadiah menarik dibagikan secara cuma-cuma. Kesuksesan Festival Belanja UC 11.11 juga kembali menambah catatan positif UC Browser sebagai saluran promosi dan komunikasi solid bagi setiap mitra merek,” ujar Huaiyuan Yang, Vice President UC Web Global Business.

Popularitas Festival Belanja UC 11.11 di seluruh Asia Tenggara semakin tampak dengan tingginya konsumsi konten rekomendasi dan ulasan produk berupa video maupun konten tertulis. Tercatat 12 juta konten telah disaksikan oleh pengguna di Indonesia, Malaysia, dan Vietnam untuk melakukan pencarian informasi lebih lanjut mengenai produk yang diinginkan sebelum mengambil keputusan pembelian. Selama kampanye Festival Belanja UC 11.11 berlangsung, Indonesia memiliki preferensi konten rekomendasi paling berbeda dibandingkan dua negara tetangga dengan urutan kategori smartphone & tablets, kesehatan, dan kecantikan. Sedangkan Malaysia dan Vietnam memiliki preferensi konten rekomendasi yang hampir serupa, yaitu elektronik, fashion, FMCG, serta kategori fashion, elektronik, dan FMCG secara berurutan.

Setelah banyak pertimbangan dan rekomendasi dari berbagai konten artikel maupun video, banyak pengguna berbondong-bondong dan mengambil keputusan pada hari Rabu tanggal 11 November 2020, dimana aktivitas pengguna mencapai puncak tertinggi selama periode kampanye Festival Belanja UC 11.11 berlangsung. Berbicara tentang produk impian, produk sepatu dan baju pria dan wanita menjadi kategori produk paling populer yang dicari pengguna selama Festival Belanja UC 11.11, diikuti oleh produk produk kecantikan, jam tangan & perhiasan, dan terakhir produk aksesoris elektronik.

Negara tetangga Malaysia memiliki preferensi hampir serupa untuk kategori produk paling populer, namun hanya dengan urutan yang berbeda. Aksesori elektronik menjadi kategori paling dicari oleh masyarakat Malaysia, diikuti oleh sepatu dan baju wanita, sepatu dan baju pria, produk kecantikan, dan yang terakhir jam tangan & perhiasan.

Tidak hanya menghadirkan penawaran spesial dan menghemat pembelian pengguna, Festival Belanja UC 11.11 juga membagikan beragam hadiah gratis secara cuma-Cuma seperti gift cards Lazada, smart TV, dan motor melalui lucky draw. Lebih dari 800.000 pengguna telah membuka Lucky Box dalam permainan Lucky Draw, di mana satu buah unit sepeda motor senilai Rp15,8 juta dari Indonesia.

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved