Management Trends zkumparan

Gandeng 20 Mitra, Mekari Bantu Perusahaan Saat WFH

Pelaksanaan kebijakan work from home (WFH) yang telah berjalan selama dua bulan ini menghadirkan transisi baru bagi karyawan dan perusahaan ke new normal. Di masa ini, karyawan diharuskan beradaptasi dengan memanfaatkan teknologi secara menyeluruh untuk mendukung produktivitas kerja dari rumah. Namun, di ssi lain juga tetap mengedepankan perannya di rumah.

Sementara dengan adanya social distancing, ruang gerak karyawan pun terbatas untuk memenuhi kebutuhan hariannya. Dengan transisi ini, perusahaan dapat mengambil peran untuk membantu karyawan mengatasi tantangan selama WFH tersebut. Misalnya dengan memberikan fasilitas benefit yang bisa digunakan karyawan memenuhi kebutuhan esensialnya selama WFH dengan akses yang mudah meskipun dari rumah.

Menjawab kebutuhan baik dari sisi perusahaan (HR) dan dari sisi karyawan, Mekari, sebagai perusahaan software as a service untuk bisnis UKM dan mid-enterprise, melalui produknya Talenta, software HRIS & payroll berbasis cloud, menghadirkan fitur baru, yakni Mekari Benefit.

Mekari Benefit merupakan platform yang membantu perusahaan untuk mengelola benefit karyawan secara digital dan dapat diakses karyawan dari smartphone. Karyawan dapat menggunakan fasilitas dari beragam vendor rekanan terpilih yang mendukung kebutuhan asuransi, kebutuhan pokok maupun penunjang kebutuhan WFH. Selain itu, integrasi dengan teknologi payroll juga memungkinkan karyawan untuk mengakses benefit yang tersedia dengan opsi menggunakan gaji pribadi karyawan. Hal tersebut menjadikan Mekari Benefit sebagai platform benefit karyawan pertama di Indonesia yang dapat menerapkan skema salary sacrifice.

Suwandi Soh, CEO Mekari, menjelaskan, pihaknya ingin memfasilitasi perusahaan dan karyawan dalam menyediakan serta mengakses benefit karyawan yang relevan, tepat guna dan tepat sasaran agar semangat dan produktivitas karyawan terjaga di masa sulit ini. Dengan Mekari Benefit, perusahaan dapat memberikan serangkaian kebutuhan yang esensial selama WFH kepada karyawan dengan harga yang lebih terjangkau tanpa harus mencari dan bernegosiasi dengan vendor atau penyedia layanan, karena sudah tersedia dan siap digunakan di platform kami. Rekanan terpilih merupakan vendor yang dapat menyediakan kebutuhan karyawan tanpa harus keluar rumah sehingga social distancing tetap terlaksana, mulai dari kebutuhan esensial seperti layanan pengantaran kebutuhan pokok, makanan, catering, obat-obatan. Termasuk juga kebutuhan penunjang WFH seperti paket data, kredit pulsa, dan token listrik”

Di masa pandemi seperti ini, banyak perusahaan yang cenderung menunda atau mengurangi program benefit karyawan karena alasan budget. Menariknya, selain solusi ini bersifat gratis untuk diimplementasikan, perusahaan juga tidak perlu mengeluarkan budget dalam pemberian manfaat kepada karyawan. Hal tersebut dikarenakan setiap transaksi pembelian di platform Mekari Benefit, pemakaian akan dibebankan tanpa tambahan biaya bunga, pada gaji karyawan yang bersangkutan di periode penggajian berikutnya, sehingga tidak melibatkan kas dari perusahaan, terlebih di masa sulit akibat pandemi. Di sisi karyawan, selain dapat menghemat kebutuhan sehari-hari dengan harga yang lebih murah, arus kas pribadi karyawan juga dapat terjaga tanpa harus melakukan pinjaman ke pihak lain ketika ada kebutuhan yang mendesak.

Selain karena permasalahan budget, beban pekerjaan administratif manual juga menjadi hambatan kebanyakan perusahaan untuk menerapkan program benefit karyawan. Hal administratif tersebut meliputi pengadaan, pencatatan transaksi pemakaian per karyawan, menghitung sisa saldo, hingga pekerjaan administratif lainnya yang memakan waktu. Namun, dengan mengedepankan automasi teknologi, beban administratif tersebut dapat dihindari apabila menggunakan platform Mekari Benefit karena karyawan cukup mengakses dari smartphone pribadi dan melakukan transaksi dari rekanan yang sudah tersedia di platform. Setiap transaksi akan tercatat, mengurangi saldo, dan mengurangi gaji karyawan secara otomatis di periode berikutnya.

“Ada tiga manfaat yang dapat diperoleh karyawan dengan penggunaan platform Mekari Benefit. Pertama, kebutuhan esensial sehari-hari serta penunjang produktivitas tetap dapat terpenuhi dengan tetap menjalankan prinsip social distancing. Kedua, karyawan dapat menikmati penghematan dari belanja kebutuhan sehari-hari karena harga yang ditawarkan merupakan harga khusus rekanan yang lebih terjangkau. Terakhir, kas pribadi karyawan lebih terjaga karena pemakaian baru akan terpotong di periode gaji selanjutnya tanpa bunga.” rangkum Suwandi.

Hingga saat ini, terdapat lebih dari 20 rekanan yang sudah tersedia di platform Mekari Benefit diantaranya Sayurbox, Kulina, Kliknclean, Kitabisa.com, K24Klik, Houzcall, Fore Coffee, dll. Selain itu, karyawan juga dapat melakukan pembelian pulsa, paket data, dan token PLN untuk mendukung kelancaran WFH.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved