Management Trends zkumparan

Garuda Indonesia Luncurkan Aplikasi Pengiriman Barang

Grup Garuda Indonesia melalui lini usaha transportasi dan logistik PT Aerojasa Cargo meluncurkan KirimAja, layanan pengiriman barang berbasis aplikasi digital dengan jangkauan pengiriman barang ke sejumlah destinasi penerbangan yang dilayani oleh seluruh armada Garuda Indonesia dan Citilink Indonesia maupun pengiriman untuk wilayah Jabodetabek dan wilayah antarkota lainnya yang didukung oleh layanan dari Aerojasa Cargo.

Irfan Setiaputra, Direktur Utama Garuda Indonesia, menjelaskan, perkembangan pesat industri e-commerce di Indonesia serta munculnya tren baru pada era new normal, menjadikan sektor layanan logistik memiliki peran penting dalam menjembatani kebutuhan masyarakat akan layanan pengiriman barang. Maskapai plat merah ini ingin menyambut peluang tersebut.

“Pandemi Covid-19 menuntut kami untuk semakin adaptif dan kreatif berakselerasi mengembangkan opportunity bisnis di era new normal, yang salah satunya kami kembangkan melalui bisnis layanan logistik dengan memperkenalkan “KirimAja” yang merupakan layanan pengiriman barang berbasis aplikasi digital,” ujarnya.

Irfan berharap, layanan ini dapat menjadi pilihan tersendiri bagi masyarakat maupun sektor UMKM yang membutuhkan layanan pengiriman barang secara online.

KirimAja didukung oleh business model berbasis komunitas (community based), yakni memberikan peluang kepada msayarakat untuk bergabung sebagai agen pengiriman melalui program Sohib KirimAja. Adapun saat ini telah terdapat agen “Sohib KirimAja” yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia yang dapat melayani pengiriman barang sampai dengan alamat tujuan pengiriman.

Aplikasi KirimAja menawarkan konsep layanan “one-stop-service” untuk kebutuhan pengiriman paket ke seluruh Indonesia. Saat ini KirimAja dapat melayani pengiriman barang umum, mulai dari produk fashion, barang elektronik, perlengkapan rumah tangga, makanan kering, hingga produk non-perishable lainnya.

Ke depannya, Irfan mengatakan, Kirim Aja akan turut mengembangkan kapasitas layanan lainnya, khususnya untuk segmentasi pengiriman makanan dengan durasi pengiriman yang lebih singkat.

“Kami berharap kehadiran KirimAja dapat menjadi langkah berkelanjutan Perusahaan untuk “tumbuh” bersama masyarakat dengan mengembangkan model bisnis yang dapat mendukung upaya peningkatkan daya saing layanan kargo dan logistik Garuda Indonesia serta memberi kontribusi nyata terhadap kepentingan ekonomi masyarakat luas”, kata Irfan.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved