Marketing Trends

Gaya GIIAS Ajak Generasi Muda Optimalkan Media Sosial

Gaya GIIAS Ajak Generasi Muda Optimalkan Media Sosial

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) akan kembali menghadirkan pameran otomotif berskala internasional, Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 pada tanggal 10 – 20 Agustus 2017 di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Tangerang. Pada pelaksanaan pameran GIIAS kali ini mengusung tema “Rise of the Future Mobility” yang mewakili gerak langkah Gaikindo dalam membangun dan mengembangkan industri otomotif Indonesia menuju masa depan yang lebih baik.

GIIAS

Pada gelaran GIIAS yang ke-25,berbeda dengan tahun sebelumnya, tahun ini GIIAS 2017 tak hanya menghadirkan rangkaian pameran otomotif, tetapi untuk pertama kalinya turut menyelenggarakan sebuah kegiatan edukatif yang ditujukan untuk mahasiswa melalui acara GIIAS Goes to Campus (GGTC).

Rizwan Alamsjah, Ketua Penyelenggara GIIAS 2017 ,mengatakan, pentingnya menjalin kedekatan antara industri otomotif dengan generasi muda sebagai salah satu cara mempersiapkan masa depan industri otomottif Indonesia.

“Sudah menjadi komitmen kami untuk menghadirkan sebuah gelaran otomotif yang dapat memberikan manfaat sekaligus mengedukasi masyarakat terhadap industri otomotif Indonesia. Kegiatan GGTC merupakan upaya bersama antara GAIKINDO dan Seven Events untuk memberikan informasi lebih detail tentang perhelatan GIIAS 2017 sekaligus lebih mendekatkan diri kepada generasi muda lewat berbagai programnya,” ujarnya.

Sejak adanya internet, platform media sosial mengajak masyarakat untuk dapat berkomunikasi tanpa batas. Selain digunakan untuk bersosialisasi, generasi masa kini mulai mengoptimalkan fungsi dari media sosial, termasuk sebagai media promosi yang efektif dalam menampilkan konten-konten kreatif yang dapat dinikmati oleh masyarakat secara luas.

Romi, Presiden Direktur Seven Events, mengatakan, kegiatan GIIAS Goes To Campus diadakan untuk mendukung perkembangan dunia digital masa kini. Menurut Romi, sejak tahun kemarin, GIIAS sudah mulai melakukan pendekatan dengan membagikan informasi seputar pameran ini melalui akun media sosial milik GIIAS. Sehingga memudahkan masyarakat luas untuk mengetahui lebih detail tentang gelaran GIIAS hanya dengan mengakses smartphone mereka.

Romi menambahkan, GIIAS Goes To Campus menyorot hubungan yang lekat antara generasi milenial di Indonesia dalam menggunakan platform media sosial. “Kami menyadari bahwa di era digital seperti ini media sosial tak hanya berperan sebagai platform untuk bersosialisasi, tetapi juga sebagai platform yang menunjukkan sisi kreatif para generasi muda ataupun alat untuk berpromosi. Alasan inilah yang melatar belakangi kami menghadirkan acara GIIAS Goes To Campus, karena kami yakin kegiatan ini dapat mengakomodasi tingginya minat generasi muda dalam mengoptimalkan platform sosial media mereka,” Jelasnya.

Rangkaian GIIAS Goes To Campus ditujukan untuk generasi muda khususnya mahasiswa. Kegiatan ini akan diramaikan oleh kegiatan Talkshow mengenai pemanfaatan akun media sosial dalam strategi promosi event, serta digital communication competition yang terdiri dari tiga kategori yaitu video competition, blog competition dan meme competition.

Selain itu, GIIAS Goes To Campus akan menghadirkan sejumlah vlogger seperti Jovial da Lopez, Kevin Hendrawan dan Fitra Eri yang sudah tak asing lagi di ranah media sosial. Talkshow GIIAS Goes To Campus akan hadir di sejumlah universitas yang berlokasi di sekitar JABODETABEK Kegiatan GGTC akan dimulai dari bulan April di Universitas Indonesia yang turut mengundang perwakilan mahasiswa dari Politeknik Negeri Jakarta, Universitas Gunadarma, Universitas Pancasila, IISIP, dan BSI.

Pada bulan Mei, GGTC akan mengunjungi Universitas Prasetiya Mulya BSD, yang turut mengundang perwakilan mahasiswa dari Universitas Multimedia Nusantara, Universitas Pelita Harapan dan Swiss German University. Sementara digital communication competition akan berlangsung mulai tanggal 20 April – 20 Agustus 2017 dan dapat diikuti oleh publik.

“Melalui kegiatan Talkshow dan kompetisi digital kami berharap mahasiswa dapat menyerap ide-ide kreatif yang disampaikan oleh para pembicara sekaligus termotivasi untuk mulai mengasah sisi kreatif sekaligus kemampuan mereka dalam memanfaatkan platform media sosial. Sementara pada kegiatan kompetisi digital kami mendorong dan memberikan kebebasan bagi peserta untuk meng-explore dan menghasilkan konten-konten kreatif berupa video, tulisan dan meme dengan tema besar #YukKeGIIAS.” jelas Romi.

Ia mengungkapkan, penggunaan tagar #YukKeGIIAS bertujuan untuk mendorong masyarakat khususnya generasi muda untuk mengunjungi pameran GIIAS 2017, “Kami berharap kompetisi ini tidak hanya memunculkan sisi kreatif dari para peserta saja, tetapi juga sebagai salah satu media informasi dengan pendekatan yang lebih segar, fun dan personal, sehingga dapat menarik kerabat-kerabat mereka untuk semakin penasaran dan tertarik untuk melihat pameran ini secara langsung.”

Diselenggarakan untuk pertama kalinya, Romi menambahkan bahwa GIIAS Goes To Campus dapat menjadi sebuah kegiatan yang membawa angin segar bagi penyelenggaraan GIIAS 2017, “Selain menjadi wadah bagi generasi milenial untuk memupuk pengetahuan mereka seputar industri otomotif Indonesia, kegiatan GIIAS Goes To Campus juga bertujuan untuk mengenalkan GIIAS sebagai satu-satunya pameran milik Gaikindo yang bertujuan untuk mendorong pertumbuhan industri otomotif Indonesia. Kami ingin menunjukkan bahwa Indonesia juga memiliki sebuah pameran otomotif yang sejajar dengan pameran otomotif dunia lainnya seperti Tokyo, Detroit dan Paris,” jelasnya.

Hingga saat ini, penyelenggaraan GIIAS 2017 akan didukung oleh 29 merek dari para Agen Pemegang Merek (APM) anggota GAIKINDO yang terdiri dari 21 merek kendaraan penumpang yakni; Audi, BMW, Chevrolet, Daihatsu, Datsun, Honda, Hyundai, Isuzu, KIA, Lexus, Mazda, Mercedes-Benz, MINI, Mitsubishi Motors, Nissan, Renault, Suzuki, Tata Motors, Toyota, VW, dan Wuling, serta 8 merek kendaraan niaga yaitu DFSK, FAW, Hino, Hyundai Commercial Isuzu, Mitsubishi FUSO, Tata Motors, dan UD Truck. Selain itu, puluhan merek sepeda motor dan ratusan industi pendukung akan turut berpartisipasi pada GIIAS 2017.

Editor : Eva Martha Rahayu


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved