GCG Bank DKI Diganjar The Best Indonesia GCG Award 2021

Direktur Kepatuhan Bank DKI, Ateng Rivai

Dalam penerapan tata kelola perusahaan (good corporate governance/GCG), Bank DKI memperhatikan aspek legal normative yakni penerapan GCG yang bertujuan untuk memenuhi kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku dan aspek corporate behaviour yang mengedepankan etika bisnis dalam berinteraksi dengan seluruh pemangku kepentingan yang tentunya selaras dengan penerapan tata kelola perusahaan.

Dengan kedisiplinan GCG itu, tak pelak Bank DKI pun diapresiasi dengan penghargaan 1st The Best Indonesia GCG Award VI 2021 Category BPD BUKU 3 Non Public Company. Ganjaran ini diselenggarakan oleh beberapa lembaga, yaitu Economic Review, Indonesia Asia Institute, Grup Ideku dan Perkumpulan Perempuan Pemimpin Indonesia.

Penghargaan tersebut diserahkan secara virtual kepada Direktur Kepatuhan Bank DKI, Ateng Rivai via zoom meeting (5/1/2021). “Penghargaan ini juga tidak lepas berkat adanya dukungan pemegang saham dan pemangku kepentingan, termasuk nasabah, mitra kerja serta masyarakat luas” ujar Ateng.

Penghargaan Indonesia GCG Award diberikan kepada perusahaan yang konsisten dalam menerapkan tata kelola perusahaan. Penilaian kinerja tata kelola perusahaan dinilai berdasarkan data publik yang didapatkan dari website, laporan tahunan dan info publik. Penilaian ini dilakukan kepada 1.000 perusahaan publik Tbk dan non Tbk, dimana penyaringan diawali dari kinerja keuangan, SDM, Pemasaran, IT dan operasional dan Tata Kelola Perusahaan atau GCG per Desember 2019.

"Di tengah pandemi Covid-19, kami juga tidak berhenti untuk berinovasi dalam menciptakan produk dan layanan perbankan yang memudahkan nasabah dan masyarakat Jakarta. Ini merupakan wujud dari dukungan penuh Pemprov DKI Jakarta dan nasabah sebagai pemangku kepentingan Bank DKI," dia menegaskan dalam siaran pers hari ini (6/1/2021).

“Penilaian ini kami lakukan kepada 1.000 perusahaan publik Tbk dan non Tbk, di mana penyaringan diawali dari kinerja keuangan, SDM, Pemasaran, IT dan operasional dan Tata Kelola Perusahaan atau GCG per Desember 2019. Apresiasi ini diikuti oleh lembaga pemerintah, perusahaan terbuka, BUMN, BUMD, maupun perusahaan swasta. Dan dikarenakan pandemi Covid-19 yang tengah berlangsung maka penyerahan penghargaan ini ditahu ini kami laksanakan secara virtual, tanpa mengurangi nilai dari penghargaan ini sendiri,” ujar Ketua Dewan Juri Indonesia GCG Award VI 2021, Dr. Dewi Hanggraeni,MBA,CA,CACP

Dari sisi kinerja keuangan Bank DKI, hingga Juni  2020, total aset meningkat 4,1% dari Rp 45,63 triliun per Juni 2019 menjadi Rp 47,50 triliun. Penyaluran kredit tumbuh hingga 8,3 persen dari Rp 29,53 triliun per Juni 2019 menjadi sebesar Rp 31,98 triliun per Juni 2020. Sedangkan DPK tumbuh sebesar 5,3 persen dari Rp 33,61 triliun pada Juni 2019 menjadi sebesar Rp 35,40 triliun pada Juni 2020. Peningkatan kinerja tersebut juga didukung dengan kualitas aset yang terjaga dengan baik, di mana per Juni 2020, rasio NPL gross dan NPL net masing-masing sebesar 3,54% dan 0,86%. Pertumbuhan yang baik tersebut tidak lepas dari strategi sinergi dan kolaborasi antara Bank DKI, Pemprov DKI Jakarta, BUMD, mitra kerja Pemprov DKI Jakarta dan BUMD.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)