Marketing Trends

Geberit Tingkatkan Upaya Keberlanjutan di Asia Tenggara Lewat Eco-Design Inovatif

Geberit Tingkatkan Upaya Keberlanjutan di Asia Tenggara Lewat Eco-Design Inovatif

Geberit, perusahaan dalam sistem kamar mandi dan teknologi saniter berinovasi dengan produk murni dan berkelanjutan melalui desain yang mengutamakan alam (eco-design). Dengan mengembangkan sistem yang hemat energi, bermutu dan memiliki desain menarik, Geberit menciptakan nilai tambah dengan konsumsi energi yang paling hemat—bagi pelanggan, lingkungan hidup, dan masyarakat.

Menurut data terbaru UN Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC), Asia Tenggara termasuk salah satu wilayah yang paling berisiko dalam perubahan iklim. Wilayah ini bahkan menghasilkan limbah elektronik global (e-waste). Di tengah kekhawatiran terhadap limbah yang dihasilkan dan pengelolaannya, Geberit merumuskan masa depan yang lebih lestari melalui produk yang tahan lama dan awet sehingga mengurangi limbah secara drastis, melindungi alam, serta meningkatkan kehidupan masyarakat di wilayah sekitarnya.

Ketika krisis iklim semakin memburuk dengan berbagai bencana alam yang terjadi, kita semua harus turut andil mengurangi limbah dalam desain bangunan, khususnya di Asia Tenggara sebagai wilayah yang paling terimbas pemanasan global. Selama lebih dari satu setengah dekade, Geberit telah menggunakan prinsip eco-design yang inovatif guna menciptakan kualitas kehidupan berkelanjutan bagi orang di seluruh dunia.

“Setelah permintaan eco-design meningkat pada 2022, kami siap menjawab tantangan ini lewat produk bermutu tinggi dan awet yang terbuat dari bahan ramah lingkungan yang tujuannya untuk mengurangi limbah dan menghemat air sepanjang siklus penggunaan produk,” ujar Michael Allenspach, Product and Technical Director, Geberit.

Sejak tahun 2007, lebih dari 170 lokakarya eco-design telah diadakan dalam rangka pengembangan produk. Sejak itu, prinsip eco-design Geberit menjadi arahan untuk mengembangkan produk yang lebih baik ketimbang versi sebelumnya dari sisi lingkungan hidup, tanpa mengorbankan kualitas, fungsionalitas, atau daya tahan produk.

Prinsip ini sangat terlihat dari rangkaian produk Geberit, seperti dalam lini produk iCon WC. Fitur WC Geberit yang digantung di dinding (wall-hung) memiliki flush guide baru yang 69% materialnya terbuat dari plastik ABS daur ulang. Sementara, teknologi iCon Rimfree Plus dan flush valve baru tipe 212 dengan volume 4/2 liter memanfaatkan plastik daur ulang hingga di atas 50%. Hal tersebut dapat menghemat sekitar 1.000 ton CO2 per tahun. Di sisi lain, concealed cistern Sigma berukuran 12 cm dengan flush valve Geberit tipe 212 juga menghemat konsumsi air. Mekanisme flush dipicu oleh pelat aktuator Sigma30 yang dapat didaur ulang. Pelat ini ditempatkan dalam rangka yang bahannya 100% terbuat dari ABS daur ulang.

Kriteria ketat dari eco-design Geberit berkontribusi terhadap ekonomi sirkular, dan diterapkan pada seluruh siklus hidup produk, dari pengadaan bahan baku hingga pembuangan produk. Selain memilih material yang paling cocok, Geberit selalu meneliti material alternatif yang ramah lingkungan dan bebas polusi, serta desain cerdas yang menghemat sumber daya. Hasilnya, produk Geberit mengurangi limbah secara drastis lewat desain yang awet dan usia pemakaian yang bertahan hingga beberapa dekade.

Di tengah permintaan eco-design yang terus melonjak, Geberit ingin terus menggunakan kriteria tersebut untuk menciptakan produk yang lebih baik bagi manusia dan planet Bumi.

Geberit Group beroperasi secara global, serta menjadi pemimpin industri asal Eropa dalam sistem dan teknologi kamar mandi. Jangkauan luas dan besar di berbagai negara Eropa, serta menyediakan nilai tambah yang unik terhadap teknologi sanitasi dan keramik kamar mandi. Jaringan produksi globalnya terdiri atas 26 fasilitas produksi, empat di antaranya berada di luar Swiss.

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved