Marketing Trends

GMV JD.id di Program Kampanye 10.10 Melonjak 100\%

Seperti halnya ecommerce lain, JD.id juga menggelar pesta diskon meriah bertajuk 10.10 pada tanggal 10 Oktober 2020 lalu. Program ini merupakan bagian dari rangkaian pesta diskon tahunan yang puncaknya pada HARBOLNAS (Hari Belanja Online Nasional) pada tanggal 12 Desember 2020 mendatang.

Pada kampanye 10.10, JD.ID kembali mencatat sejumlah peningkatan, salah satunya peningkatan nilai penjualan atau biasa disebut GMV (Gross Merchandise Value) hingga lebih dari 100\%, dibandingkan periode yang sama pada kampanye 10.10 pada tahun 2019.

Pesta diskon “double date” tersebut dimulai pada tanggal 9 September, berlanjut pada tanggal 10 Oktober, kemudian pada tanggal 11 November, hingga puncak-nya pada perayaan HARBOLNAS pada tanggal 12 Desember mendatang. Pada bulan Oktober tahun ini, JD.id bersama dengan para brand dan mitra seller menghadirkan program kampanye 10.10 dengan berbagai penawaran menarik, mulai dari potongan harga, gratis ongkir, voucher belanja, cashback, dan lain-lain.

Pada program ini JD.id menawarkan bermacam promo spesial kepada seluruh pelanggan melalui website atau mobile apps, selama 1 hari penuh dan 24 jam non-stop, di antarnya Promo “JD.ID 10.10” yaitu program harga spesial yang berlangsung seharian penuh pada jam-jam pilihan, mulai dari Midnight Flash Sale, JD 99 – Semua Harga Serba 9, Elektronik Mulai Rp 1.010, hingga JD Half – Diskon 50\%, lalu Promo Category Festival, program promo menarik pada 23 kategori unggulan yang tersedia di JD.ID. Promo Voucher Festival yaitu pemberian voucher potongan harga hingga 25\% dari semua kategori favorit. Promo Brand Promo,, promo spesial yang bekerjasama dengan mitra brand-brand terbaik JD.ID. Promo Gratis Ongkir, pemberian voucher gratis ongkos kirim hingga Rp. 20.000 non-stop.

Dengan mengadakan 9 program promo tersebut, JD.ID berhasil memperoleh berbagai peningkatan yang signifikan, jika dibandingkan dengan hasil pelaksanaan program kampanye 10.10 pada tahun 2019. Seperti contoh, pada pelaksanaan program kampanye 10.10 tahun ini (2020), JD.ID berhasil mencatat peningkatan jumlah kunjungan ke halaman promo hingga 150\%, peningkatan jumlah pembeli hingga 400\%, serta peningkatan nilai penjualan (GMV) hingga lebih dari 100\%.

Sehubungan dengan suksesnya pelaksanaan program kampanye 10.10 tersebut, Mia Fawzia, Marketing Chief JD.id menjelaskan, pihaknya telah berhasil meraih pencapaian yang positif dan mengalami banyak peningkatan dari berbagai aspek penjualan. Perlu diingat bahwa pesta diskon meriah ala JD.id tidak berhenti sampai di sini saja. Pada bulan November hingga Desember mendatang, kami akan kembali hadir dengan lebih banyak kejutan menarik untuk semua Sahabat JD. Be ready for a greater joy,” ungkap Mia.

Selama pelaksanaan program kampanye 10.10 ini, JD.id juga berhasil mencatat kenaikan dari segi jumlah pesanan pada beberapa kategori favorit-nya, antara lain kenaikan jumlah pesanan pada kategori barang mewah atau Luxury hingga 800\%, yang mana hasil ini merupakan yang tertinggi jika dibandingkan dengan kenaikan jumlah pesanan pada kategori lain-nya (jika dibandingkan dengan pelaksanaan program kampanye 10.10 pada tahun 2019).

Marketplace ini juga mencatat kenaikan jumlah pesanan hingga 500\% pada kategori Virtual, yang diikuti dengan kenaikan jumlah pesanan hingga 200\% pada kategori Otomotif, Binatang Peliharaan, serta Gaming & Smart (jika dibandingkan dengan pelaksanaan program kampanye 10.10 pada tahun 2019).

Selain itu, terjadi kenaikan jumlah pesanan pada kategori Olahraga, Hobi, dan Kegiatan di Luar Ruangan (outdoor) hingga lebih dari 200\% (jika dibandingkan dengan pelaksanaan program kampanye 10.10 pada tahun 2019), yang mana hasil ini masih sangat dipengaruhi oleh minat masyarakat untuk mendalami gaya hidup sehat melalui tren alternatif baru, seperti berolahraga dan berkegiatan di luar ruangan, untuk mengisi waktu di tengah situasi pandemi.

Dari sisi nilai penjualan, kenaikan tertinggi hingga 200\% pada kategori Barang Mewah , naik nilai penjualannya hingga 700\% pada kategori Permainan Anak & Hobi, lebih dari 200\% pada kategori Olahraga, Hobi, dan Kegiatan di Luar Ruangan, hingga kenaikan nilai penjualan hingga 200\% pada kategori Virtual, Peralatan Rumah Tangga, dan Audio (jika dibandingkan dengan pelaksanaan program kampanye 10.10 pada tahun 2019).

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved