Marketing Trends

GoFood Fokus Kembangkan Wadah Edukasi UMKM Kuliner

GoFood Fokus Kembangkan Wadah Edukasi UMKM Kuliner

Sebanyak 43% UMKM yang bergabung menjadi mitra GoFood merupakan pengusaha pemula. Adapun sebanyak 250 ribu kuliner bergabung di GoFood pada masa pandemi 2020. Chief Food Officer Gojek Group Catherine Hindra Sutjahyo mengatakan walaupun sudah merambah platform online, UMKM kuliner masih menghadapi sejumlah tantangan. Disinilah peran Komunitas Partner GoFood (KOMPAG) berperan.

“KOMPAG adalah wadah pionir komunitas UMKM yang telah memiliki 107 ribu anggota UMKM kuliner dari 70 kota seluruh Indonesia untuk menambah ilmu, berkolaborasi, dan berjejaring,” jelas Catherine. Tahun 2022, KOMPAG akan fokus pada dua program, yakni Mentorship & Pelatihan Tersegmentasi dan Peningkatan Skala Bisnis.

Untuk program pertama, anggota KOMPAG aakn dibagi berdasarkan kategori keaktifan untuk mengikuti sesi workshop rutin mingguan di Live Ngobrol Pintar (Ngopi) bersama mentor GoFood.

Sedangkan untuk peningkatan skala bisnis, para mitra UMKM kuliner bisa mendapatkan tips sukses mengelola bisnis secara mandiri lewat aplikasi GoBiz dan mengakses menu BizTips. Catherine menambahkan, rata-rata pendapatan bulanan mitra UMKM yang bergabung di KOMPAG pada Q2 2020 – Q3 2021 meningkat hingga 7 kali lipat.

Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf Nia Niscaya mengatakan dukungan bagi UMKM tidak bisa berhenti pada digitalisasi, tetapi juga mendukung keberlanjutan usaha UMKM di tengah perubahan kebutuhan dan daya beli masyarakat.

“Kami melihat keseriusan GoFood menggarap sektor ini. Kami sangat berharap dukungan KOMPAG dapat terus diperluas untuk menjadi wadah positif yang menyediakan kebutuhan dan informasi bagi pelaku usaha, salah satunya protokol kesehatan CHSE,” ujar Nia.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved