Management Trends

Gopay Ajak Milenial Atur Keuangan dengan Optimal

Pandemi telah mendorong masyarakat untuk semakin fasih dalam menggunakan fitur-fitur keuangan digital agar mereka bisa beradaptasi di tengah perubahan. Sebagai platform pembayaran digital, Gopay mengajak anak muda agar tidak hanya mampu menggunakan teknologi keuangan digital, tapi juga cerdas dalam memaksimalkannya untuk mengelola keuangan terutama di saat menantang seperti ini.

Semangat inilah yang dihadirkan Gopay melalui FinanSiap, merupakan rangkaian kelas virtual yang akan mengulik cara memaksimalkan teknologi digital untuk mengatur keuangan dengan optimal. Lewat program ini, Gopay menghadirkan wadah edukasi keuangan yang holistik agar anak muda dapat mengelola keuangan dengan lebih cerdas dan matang.

Menggandeng berbagai figur publik dan perencana keuangan, Chief Marketing Officer Gopay, Fibriyani Elastria mengatakan, FinanSiap dirancang agar masyarakat bisa semakin tangguh dalam mengatur keuangan di masa pandemi, serta membekali diri mereka dengan pemahaman finansial yang kuat seiring meningkatnya tren keuangan digital di kehidupan sehari-hari, mulai dari belanja serba cashless hingga berinvestasi secara digital.

“Pandemi ini mengakselerasi perubahan gaya hidup masyarakat di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri ada berbagai kebiasaan yang berubah, salah satunya dari sisi finansial. Ini didorong salah satunya oleh teknologi yang semakin mudah, cepat, dan aman sehingga adopsi terhadap teknologi tidak terlalu menakutkan lagi,” katanya dalam konferensi pers secara virtual, Rabu (28/07/2021).

Kelas virtual FinanSiap telah dimulai secara perdana pada 15 Juli 2021 dan akan diadakan setiap bulannya hingga 16 Desember 2021. Setiap sesi FinanSiap ditayangkan lewat Instagram Live akun resmi @gopayindonesia dengan melibatkan berbagai perencana keuangan dan figur publik, seperti Melvin Mumpuni dari Finansialku dan masih banyak lainnya. Materi yang akan dibahas di antaranya mulai dari cara mengatur prioritas keuangan selama pandemi, tips berinvestasi dengan aman, hingga memulai bisnis sendiri.

Sebelumnya, Gopay telah menjalankan berbagai inisiatif peningkatan literasi keuangan di berbagai lapisan masyarakat, seperti Forum Pedagang Baik untuk dampingi UMKM mengembangkan bisnisnya, Melaju Bersama Gojek untuk bantu pelaku usaha bermigrasi ke bisnis digital di masa pandemi, serta edukasi untuk semakin mengamankan transaksi nontunai lewat inisiatif Aman Bersama Gopay.

Tidak hanya melakukan transaksi secara digital, Fibriyani menjelaskan bahwa masyarakat kini mulai sadar berinvestasi dan mencari proteksi melalui asuransi. Hal ini dimudahkan dengan adanya perkembangan teknologi. Gopay sendiri telah menghadirkan berbagai inovasi yang membantu masyarakat mengatur keuangan dengan lebih mudah, mulai dari kemudahan pembayaran instan sehari-hari, bayar akhir bulan dengan GopayLater, hingga pembelian asuransi GoSure dan emas GoInvestasi untuk perencanaan keuangan jangka panjang.

Perubahan kebiasaan masyarakat ini tercermin dari peningkatan signifikan pada nilai total transaksi (GTV) Gopay dibandingkan dengan sebelum masa pandemi. Penggunaan Gopay untuk berinvestasi juga naik hingga tujuh kali lipat sejak pandemi.

Sepanjang 2021, Gopay juga terus fokus pada pengembangan bisnis baik di dalam maupun di luar ekosistem Gojek untuk memberikan akses dan kemudahan layanan keuangan digital untuk seluruh masyarakat Indonesia. Di antaranya, melalui pengembangan produk dan fitur serta kerja sama dengan berbagai pihak seperti lembaga keuangan, baik perbankan dan nonperbankan, untuk mengakselerasi inklusi keuangan

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved