Management Trends zkumparan

Grab dan Bank BJB Terbitkan Kartu ATM Co-branding

Grab dan Bank BJB Terbitkan Kartu ATM Co-branding

Grab dan Bank BJB (PT Bank Pembangunan Jawa Barat dan Banten) bekerja sama menerbitkan kartu ATM co-branding dan integrasi program cicilan pajak kendaraan bermotor STNK ‘T-Samsat’ yang pertama untuk mitra pengemudi online di Indonesia.

Kolaborasi tersebut ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dan penyerahan kartu Anjungan Tunai Mandiri (ATM) co-branding pertama Grab dan bank bjb untuk para mitra pengemudi Grab di Kantor Bnak BJB Bandung. Penandatanganan tersebut dilakukan oleh Ridzki Kramadibrata, Managing Director Grab Indonesia dan Suartini, Direktur Konsumer dan Ritel Bank BJB.

Melalui kerja sama ini, para mitra pengemudi Grab akan mendapatkan manfaat berupa akses terhadap layanan perbankan Bank BJB dan kartu ATM co-branding itu dengan desain khusus untuk mitra pengemudi yang juga berfungsi sebagai kartu identitas mitra pengemudi. Kartu ini juga berfungsi sebagai kartu diskon di berbagai merchant seperti bengkel, dealer resmi, gerai pakaian dan restoran, sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Selain itu, mitra pengemudi juga dapat berpartisipasi dalam program T-Samsat yang merupakan solusi pembayaran pajak kendaraan bermotor dengan fasilitas cicilan selama setahun yang pertama kali diperkenalkan oleh bank bjb untuk mitra pengemudi online. Pembayaran tersebut kemudian akan didebit secara otomatis dari rekening nasabah bank bjb dan informasi terkait status pembayaran tersedia melalui ponsel. Program T-Samsat diharapkan dapat mendorong mitra pengemudi untuk taat pajak dan meningkatkan pendapatan daerah Provinsi Jawa Barat.

“Kemitraan bersama Bank BJB menegaskan kepedulian kami terhadap kesejahteraan mitra pengemudi. Kolaborasi ini memungkinkan mitra pengemudi untuk memanfaatkan layanan T-Samsat. Hal ini diharapkan dapat meringankan beban finansial mitra pengemudi dan mendukung mereka untuk lebih taat pajak.” jelas Ridzki.

Suartini menjelaskan, kerja sama ini juga sejalan dengan program pemerintah mengenai literasi dan inklusi keuangan di masyarakat melalui program Rekening Bank BJB – Grab Indonesia. Program eksklusif ini akan memberikan kemudahan bagi mitra pengemudi Grab dalam melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor yang bisa dicicil (T-Samsat).

Rendahnya tingkat adopsi rekening bank di Indonesia menyebabkan banyaknya kalangan menengah di Indonesia yang belum dapat menikmati manfaat dari ekonomi digital. Hasil survei nasional literasi dan inklusi keuangan tahun 2016 menunjukkan bahwa hanya 29,7% masyarakat Indonesia yang memiliki pengetahuan, keterampilan dan kepercayaan yang memadai mengenai produk dan layanan keuangan (Well Literate) dan 67,8% masyarakat Indonesia yang telah menggunakan produk dan layanan keuangan1. Kolaborasi antara sektor swasta dan pemerintah seperti yang dilakukan Grab dan Bank BJB diharapkan dapat menjawab tantangan tersebut dengan memudahkan masyarakat kelas menengah untuk mengakses layanan sektor perbankan setiap harinya.

Kini, aplikasi Grab telah diunduh di lebih dari 125 juta perangkat bergerak, memberikan akses kepada lebih dari 8 juta mitra pengemudi, merchant dan agen. Grab telah menjadi penyedia layanan transportasi darat terbesar di kawasan Asia Tenggara dan telah menyelesaikan lebih dari 2,5 miliar perjalanan sejak didirikan pada 2012. Grab menawarkan pilihan layanan transportasi yang paling beragam di kawasan ini, termasuk layanan pesan- antar makanan, pengiriman barang, di 235 kota yang tersebar di delapan negara.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved