Marketing Trends

Harbolnas 12.12 Tahun Ini Tebar Diskon Hingga 75%

Bulan Desember biasanya banyak diskon yang diberikan produk atau perusahaan untuk menutup tahun. Begitu halnya Desember tahun 2020 yang identik dengan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas). Harbolnas 12.12 merupakan gelaran belanja online bertabur promo yang pertama kali digelar pada 2012 silam.

Sejak 2019, Asosiasi E-commerce Indonesia (Idea) dipercaya mengkoordinir Harbolnas 12.12. Berbeda dengan festival belanja angka kembar di bulan-bulan lainnya, Harbolnas 12.12 bisa diikuti semua UMKM yang sudah memiliki website sendiri.

Pandemi telah membuat kondisi 2020 begitu berat bagi banyak pihak. Memahami bagaimana kondisi ekonomi para UMKM sangat terdampak pandemi, dalam gelaran Harbolnas.12.12 tahun ini, Idea menggandeng Bank Mandiri dan Kementerian Pariwisata & Ekonomi Kreatif RI.

Ketua Umum Idea, Bima Laga melihat penting untuk bisa bekerja sama dengan banyak pihak untuk bisa segera memulihkan kondisi ekonomi bangsa ini. “Bank Mandiri dan Kementerian Parekraf menjadi perwakilan sektor perbankan dan pemerintah yang memang menaruh perhatian besar pada perbaikan kondisi UMKM Indonesia pasca-pandemi,” kata Bima menjelaskan. Pihaknya berusaha melihat dari sudut pandang pedagang dan konsumen. Apa saja yang mereka butuhkan dalam kondisi saat ini? Itulah yang mereka coba hadirkan dalam gelaran Harbolnas 2020.

Kehadiran Bank Mandiri pada festival belanja online tahunan ini tentu bukan sekadar nama saja. Sebagai salah satu bank terbesar di Indonesia, Bank Mandiri memberi dukungan yang tidak main-main. Dukungan promo yang diberikan akan sangat membantu banyak pihak.

VP Retail Deposit Product & Solution Bank Mandiri, PipIt Puspita menegaskan komitmen bank pelat merah ini untuk terus andil membangun negeri. “Kami memberi dukungan promo sebesar Rp75.000 per transaksi yang terjadi selama Harbolnas 2020,” kata Pipit. Dan untuk memfasilitasi semua kalangan masyarakat sebagai konsumen, untuk bisa mendapatkan dukungan promo tersebut, konsumen bisa menggunakan kartu kredit dan debit Mandiri saat pembayarannya.

Sementara itu, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mewujudkan kepeduliannya terhadap produk buatan Indonesia dalam program-program kebijakannya salah satunya melalui pemberian potongan harga untuk produk kreatif lokal. Hal ini tentu saja selaras dengan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia yang memfokuskan untuk membantu UMKM Lokal tetap produktif di masa Pandemi dengan berjualan melalui platform digital.

“Kami memberi dukungan dalam bentuk kupon potongan harga khusus untuk pembelian produk lokal untuk kategori subsektor kuliner, kriya dan fashion di marketplace,” kata Direktur Pemasaran Ekonomi Kreatif, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Yuana Rochma Astuti. Konsumen yang ingin membeli produk-produk lokal akan sangat terbantu dengan ragam dukungan promo di Harbolnas kali ini dan tentu berharap omset pelaku ekonomi kreatif yang berjualan di platform digital juga akan mengalami peningkatan.

Harbolnas 2020 akan dibagi menjadi dua hari penyelenggaraan. Pada 11 Desember, konsumen bisa berbelanja khusus produk lokal saja. Sementara puncak perayaannya adalah pada 12 Desember 2020. Pada hari kedua ini, konsumen bisa membeli aneka produk baik lokal, maupun umum.

Konsumen bisa mengecek merek-merek apa saja yang menebar promo selama gelaran Harbolnas 2020 di website. Selain taburan promo, akan ada live giveaway dari beberapa marketplace yang menjadi peserta Harbolnas kali ini. Setiap hari akan ada live giveaway pada pukul 09:00, 12:00, 16:00, dan 19:00 WIB.

Yang menarik pada Desember 2020, juga akan digelar Festival Diskon Nasional (FDN) pada 16- 31 Desember 2020. Acara FDN ini khusus diperuntukkan bagi pedagang dan konsumen produk lokal saja. Acara ini merupakan salah satu dukungan Kementerian BUMN untuk produk lokal yang juga bagian dari Gerakan Nasiona Bangga Buatan Indonesia.

Di beragam acara selama Desember 2020 menyimpan asa bahwa roda perekonomian Indonesia akan terdorong maju. Aneka dukungan promo ini diharapkan akan dapat mendorong peningkatan transaksi para peserta Harbolnas 2020 yang Sebagian besar adalah UMKM Indonesia. Selain itu juga memberi dorongan pada daya beli masyarakat karena tidak perlu membayar mahal untuk produk kebutuhan incarannya.

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved