Harbolnas 2017 Catatkan Penjulan Rp 4,7 Triliun

Perhelatan diskon akbar Hari Belanja Online Nasional 2017 (Harbolnas) telah selesai digelar pada tanggal 12 Desember 2017. Tahun ini terdapat 254 e-commerce dari berbagai kategori yang memberikan promo serta diskon besar – besaran hingga 95%.

Berdasarkan data Nielsen, pada saat Harbolnas 2017 tercatat kenaikan rata-rata penjualan hingga 4,2 kali lipat dari hari biasa untuk 254 e-Commerce yang berpartisipasi tersebut, dan estimasi nilai total transaksi Harbolnas 2017 mencapai Rp 4,7 trilliun.

Achmad Alkatiri, Ketua Panitia Harbolnas 2017, menyampaikan bahwa pada Harbolnas tahun ini semakin banyak masyarakat Indonesia yang berpartisipasi baik sebagai konsumen maupun sebagai seller.

“Kami melihat semakin banyak konsumen yang mencoba transaksi online sehingga kami berharap semakin banyak konsumen yang paham dan menjadi lebih cermat lagi dalam berbelanja dan bertransaksi online berikutnya. Kami juga melihat banyak pelaku usaha, termasuk UMKM merasakan peningkatan transaksi online mereka saat Harbolnas. Kami optimis tujuan Harbolnas 2017 untuk memberikan pengaruh positif bagi para pelaku industri ekonomi kreatif di Indonesia, khususnya untuk brand lokal dan UKM tercapai,” ujar Achmad.

Rusdy Sumantri, Director Consumer Insight Nielsen Indonesia, memaparkan ada peningkatan transaksi tahun ini dikontribusi oleh transaksi di luar pulau Jawa yang meningkat 82%. Sekitar 68% konsumen orang yang biasa belanja online, 27% konsumen yang pertama kali belanja online..

“Acara Harbolnas tahun ini cukup berhasil menarik konsumen yang pertama kali belanja online yakni sekitar 5%. Mengingat Harbolnas 2017 jatuh di hari kerja, maka aktivitas belanja juga sedikit bergeser ke jam 09.00 – 12.00, 15.00 – 21.00. Selain itu, kebanyak dari mereka berbelanja menggunakan perangkat mobile yakni sekitar 77%, dan mereka mulai meninggalkan browser dalam berbelanja,” tutur Rusdy.

Salah satu seller, Johanes Lie pemilik toko Tomindo Toys, mengungkapkan bahwa Harbolnas memberikan peluang yang cukup besar dalam mengembangkan usaha, khususnya melalui platform digital. Dalam satu hari tersebut ia bisa mendapatkan 3.000 order.

“Bagi kami, para seller, Harbolnas menjadi kesempatan yang sangat baik untuk meningkatkan penjualan kami. Saya sendiri merasakan kenaikan order sangat tinggi di berbagai platform jualan online saya. Bahkan melalui salah satu marketplace saya mendapatkan 3.000 order hanya pada 1 hari saja,” ungkap Johanes.

www.Swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)