Marketing Trends zkumparan

Hari Kuliner Nasional Gofood Diikuti Ribuan Merchant

Gojek menggelar Hari Kuliner Nasional Gofood serentak di 11 kota di Indonesia dari tanggal 5-13 Mei 2018.

Kota-kota tersebut di antaranya adalah Jabodetabek, Surabaya, Makassar, Palembang, Cirebon, Yogyakarta, Medan, Semarang, Bali, Solo, dan Malang. Sekitar 7.ooo merchant outlet Gofood dan rekan usaha Gopay akan berpartisipasi dalam acara tersebut. Hari Kuliner Nasional Gofood merupakan pesta kuliner raksasa pertama di Indonesia yang akan menawarkan beberapa promo layanan Gofood dan partner merchant.

Perhetalan ini akan menawarkan promo dari 5.000 mitra di layanan online Gofood, 3.000 merchant offline Gopay, serta mitra di lokasi Gofood Festival. Gofood Festival merupakan pesta kuliner dan entertainment hub yang dipelopori oleh Gojek. Akan ada 100 merchant partner yang berjualan di acara ini.

“Kami tidak menarik biaya terhadap mitra untuk sewa lahan, tapi kami melakukan revenue sharing. Untuk kualifikasi mitra yang berpartisipasi, kami menggunakan data sesuai selera konsumen di lokasi diselenggarakannya acara, atau menawarkan beberapa top mitra Gofood di daerah lain untuk ikut bergabung. Selain itu, kamu juga merotasi merchant setiap harinya agar konsumen tidak bosan,” kata Catherine Hindra, Chief Commercial Expansion Gojek.

Catherine menuturkan, program ini bentuk dukungan Gojek supaya usaha kuliner Nusantara semakin dikenal. “Salah satu tantangan yang sering dihadapi oleh UMKM adalah terkait promosi usahanya. Melalui penyelenggaraan Hari Kuliner Nasional Gofood, kami berharap usaha kuliner bisa semakin dikenal oleh masyarakat. Apalagi, bila melihat data, lebih dari dua ribu pengguna Gojek tinggal dalam radius 500 meter dari sebuah usaha kuliner yang menjadi mitra Gojek. Ini artinya, ada potensi pasar yang bisa dimanfaatkan oleh para pengusaha kuliner,” tambahnya.

Catherine juga mengungkapkan bahwa usaha kuliner memiliki potensi agar terus berkembang serta berkontribusi terhadap perekonomian Indonesia. Hasil riset Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia tahun 2017 menunjukkan bahwa merchant UMKM yang bergabung dalam platform Gojek di sembilan kota berkontribusi lebih dari Rp 1,7 triliun terhadap perekonomian nasional. Survei Badan Ekonomi Kreatif tahun 2018 juga mengungkapkan pada tahun 2016, usaha kuliner telah menyumbang lebih dari Rp 382 triliun kepada total PDB sektor ekonomi kreatif. Angka tersebut naik Rp 30 triliun dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

“Kami percaya kontribusi Gojek melalui Gofood terhadap pertumbuhan ekonomi nasional bisa lebih besar lagi ke depannya, karena kami terus mencari cara baru untuk membantu UMKM menemukan solusi atas tantangan dalam pengembangan bisnisnya. Salah satu solusi yang awal tahun ini kami perkenalkan adalah Gofood Festival. Pera pengusaha kecil menengah dapat memperluas outletnya dan menjangkau lebih banyak konsumen melaui Gofood Festival,” ujar Catherine.

Nila Marita, Chief Corporate Affairs Gojek, menambahkan, acara ini bentuk komitmen Gojek mendukung pengembangan UMKM. “Dari 150 ribu merchant yang tergabung di Gofood, lebih dari 80% di antaranya merupakan pengusaha kuliner dalam kategori pengusaha kecil menengah. Di mana, rata-rata transaksi merchant kuliner kami meningkat 2,5 kali sejak bergabung dengan Gofood. Kami ingin angka ini terus meningkat, supaya mitra kami bisa bertumbuh dari yang kecil menjadi menengah dan menengah menjadi besar,” ia menjelaskan.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved