Hitachi Vantara Siapkan Pentaho Data Integration Hadapi Tren IT

Russel Kingsley, CTO Hitachi Vantara Asia Pasifik (Kanan) (Photo: Anastasia/SWA).

Untuk mengenalkan transformasi digital kepada para manajer di berbagai perusahaan dan industri, Hitachi Vantara menggelar acara Hitachi Advantage Roadshow di Jakarta (30/1/2018).

Di era teknologi dan disrupsi hari ini, Internet of Things (IoT) menjadi salah satu kunci terpenting bagi perusahaan agar mampu bersaing di era dgital. Pasalnya, solusi IoT mampu mempercepat transformasi digital perusahaan. "Mengutip data Mckinsey, terdapat 40% perusahaan yang sudah melakukan transformasi digital di kawasan Asia Pasifik, namun baru 5% yang sudah mengolah datanya secara maksimal,” ujar Russel Kingsley, CTO Hitachi Vantara Asia Pasifik.

Data dinilai sebagai entitas penting yang dapat diolah dan dan dicari insight-nya. Dengan insight tersebut suatu perusahaan dapat mengembangkan bisnisnya. “Konsep danau data memikat, tapi kita tidak bisa hanya menuangkan data ke dalam satu sistem, kecuali data itu dibersihkan, diformat, dan di-indeks atau diberi tag dengan metadata, sehingga danau data sadar akan kontennya. Jika tidak, maka akan berakhir dengan data swamp,” kata dia.

Object storage yang memiliki kecerdasan mencari dan membaca konten di dalam silo data dan menganalisisnya untuk pembersihan, pengaturan ulang, dan pengindeksan merupakan sesuatu yang vital untuk diimplementasikan oleh perusahaan agar tidak terhambat masalah pengaksesan data. Hitachi Content Intelligence dapat mengekstrak data dari silo dan memompanya menjadi alur kerja untuk memprosesnya dengan berbagai cara. Penggunaan content intelligence dapat diberi wewenang, sehingga konten sensfitif hanya dapat dilihat oleh orang yang berkepentingan dan control keamanan dokumen tidak dilanggar.

Content intelligence dapat menciptakan proses pencarian perusahaan standar dan konsisten di seluruh lingkungan TI. Ini dapat menghubungkan dan menggabungkan data multi-terstruktur di silo data heterogen dan lokasi yang berbeda dan menyediakan ekstraksi otomatis, klasifikasi, pengayaan, dan kategorisasi semu data organisasi,” ujar Kingsley.

Artificial Intelligence diperkirakan akan tumbuh dengan pesat di semua sektor industri pada tahun 2018 ini, karena para pemimpin perusahaan telah menyadari keuntungan nyata ketika berinvestasi ke sektor AI. “Melalui Pentaho Data Integration, tujuannya adalah mendemokratisasikan teknik data dan proses sains data untuk membuat mechine intelligence lebih mudah diakses leh pengembang dan insinyur yang lebih beragam,” kata Kingsley.

 

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)