Marketing Trends

Honda Serius Garap Segmen Moge

Honda Serius Garap Segmen Moge

Tahun ini tampaknya bakal membuat ATPM (Agen Tunggal Pemegang Merek), APM (Agen Pemegang Merek) atau pun siapa yang berbisnis moge (motor gede/besar) di Indonesia bakal bekerja keras. Karena PT Astra Honda Motor (AHM) —ATPM motor Honda– tampaknya akan memfokuskan pada pasar kendaraan roda dua berkubikasi besar, atau biasa disebut bigbike, selain juga tetap fokus pada segmen cup, sport dan skuter matik (skutik). Karena, sejak awal tahun sudah meluncurkan dua produk dalam segmen tersebut, yakni CRF1000L Africa Twin, CRF250 Rally dan terakhir (minggu lalu) CMX500 Rebel.

Moge Honda

Moge Honda

Menurut Thomas JA.Wijaya, Direktur Pemasaran AHM, bertambahnya model baru dalam segmen bigbike, diharapkan akan semakin mendongkrak penjualan motor sampai akhir tahun sebanyak 400 unit. Rebel, motor touring sendiri ditargetkan terjual 200 unit. “Tahun lalu, bigbike kami jual hampir 250 unit. Mudah-mudahan dengan adanya model baru ini bisa menjadi 400 unit,” kata Thomas di kawasan SCBD, Jakarta Selatan.

CMX500 Rebel yang hadir pada minggu lalu melengkapi total tipe bigbike milik AHM berjumlah sembilan. Motor dengan konsep eksterior dengan gaya desain motor bobber ini mengusung mesin berkapasitas 471 cc berteknologi DOHC Parallel Twin. Motor yang diabanderol Rp 147.387.500 ini menjadi salah satu andalan Honda di segmen bigbike.

Pada 2016 lalu, AHM mampu menjual 235 unit moge. Menginjak Maret tahun ini penjualan sudah mencapai 30 unit. Jumlah ini akan bertambah, mengingat konsumen juga banyak berminat terhadap Honda CRF, motor rally Honda yang kini lagi dipasarkan ke daerah-daerah.

AHM optimistis dalam sepuluh tahun ke depan karena terlihat adanya tren yang terjadi khususnya pasar bigbike di Indonesia. Meski porsinya kecil, namun terdapat kenaikan yang signifikan seiring dengan pertumbuhan eknomi kelas menengah. “Nah, kami melihat dengan ekonomi berkembang, GDP berkembang tentu segmen konsumen ini akan lebih banyak di premium dan moge,” kata Thomas.

Thomas menambahkan, untuk penjualan di segmen lain, AHM tidak akan berharap terlalu muluk. Tahun lalu penjualan Honda sudah maksimal, sehingga patokan penjualan akan berkaca seperti 2016 yang sekitar 4,2 juta unit. Adapun penjualannya, sampai saat ini masih didominasi oleh skutik yang berkontribusi sampai 85 persen, sport 7 persen, sedangkan motor bebek menyumbang 8 persen.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved