HUFA Fokus Bidik Obat Flu Anak

Direktur Utama PT Gratia Husada Farma (HUFA), Frans R. Kusuma.

Strategi Hufagripp sebagai perusahaan farmasi asal Semarang dalam survei IBBA 2017 adalah melakukan spesialisasi pada produknya. Targetnya menjadikan Hufagripp sebagai obat flu anak dengan menurunkan 4 varian produknya dan 1 multivitamin. Setiap produknya berfungsi mengatasi gejala-gejala flu dan batuk anak, untuk multivitamin sebagai penunjang obat saat proses pemulihan.

Selain itu, diferensiasi produk yang dimiliki PT Gratia Husada Farma (HUFA) ini cukup lengkap dan fokus, sehingga menjadi nilai kompetitif advantage. Menurut Direktur Utama PT Gratia Husada Farma (HUFA), Frans R. Kusuma, segmentasi sangat diperlukan untuk menjadi base costumer Hufagripp. “Segmentasi Hufagripp adalah ibu-ibu berusia 25- 40 tahun dengan kelompok berpenghasilan menengah yang konsen terhadap kesehatan anak,” ujarnya.

Edukasi kepada custumer melalui iklan televisi dan lapangan dilakukan. Namun perkembangan digital disambut dengan model pemasaran yang digital juga. “Pemasaran melalui digital kami lakukan di dua channel yaitu social media dan video advertising. Dari kedua channel tersebut kami harapkan dapat meningkatkan brand awareness Hufagripp di masyarakat,” ungkap Frans. Varian Hufagripp yang dijual di pasaran antara lain Hufagripp TMP Suspensi, Hufagripp BP Syrup, Hufagripp Syrup, Hufagripp Pilek Syrup, dan H-Booster yang merupakan multivitamin.

Menghadapi era disruptif, HUFA memperjelas arah bisnisnya dan memberikan pemahaman yang sama tentang visinya kepada seluruh tim. Frans percaya, dengan visi yang benar dan update dapat mengantisipasi perubahan di era disruptif ini dengan cepat. Untuk distribusi Hufagripp di Pulau Jawa dilakukan dengan membangun cabang sendiri. Sedangkan untuk di luar Pulau Jawa melalui distributor lokal yang ada di daerah tersebut. “Produk Hufagripp telah ada di 25 ribu apotek dan retail modern sesuai dengan data pemerintah,” ungkapnya.

Pertumbuhan bisnis yang dialami HUFA mencatatkan Compound Annual Growth Rate (CAGR) perusahaan dalam 5 tahun mengalami kenaikan double digit. Prestasi ini tetap akan dipertahankan dengan kesiapan dalam menghadapi tantangan adanya persaingan merek-merek lain. “Persaingan yang terjadi memang sangat ketat sekali sehingga upaya yang kami lakukan yaitu inovasi dan mendekatkan produk kami pada masyarakat. Hal ini dilakukan juga untuk meningkatkan kepuasaan konsumen,” ujarnya. Ke depannya HUFA akan lebih memperbesar produk OTC (Over The Counter) dibandikan produk non-OTC. Untuk brand Hufagripp masih memiliki banyak pengembangan untuk varian produknya dan HUFA juga akan melakukan pengembangan ke obat flu dewasa.

 

Reportase: Sri Niken Handayani

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)