IBM Pelopori Teknologi Multicloud Manager

Pada Oktober tahun ini IBM mengumumkan teknologi terbuka baru untuk mengatur aplikasi pada berbagai jenis cloud. Teknologi Multicloud Manager yang dikembangkan IBM ini, didesain untuk mempermudah pengaturan, pemindahan dan integrasi aplikasi di berbagai infrastruktur komputasi cloud. Multicloud Manager IBM memberikan konsol operasional bagi perusahaan seiring meningkatnya penggabungan public dan private cloud yang dimiliki perusahaan dengan sistem yang tengah digunakan saat ini.

Ini merupakan teknologi multicloud manager pertama di dunia. Teknologi ini akan menjawab kebutuhan perusahaan yang menggunakan beberapa layanan cloud. IBM Institute for Business Value mengungkap data dari survei yang dilakukan bahwa 85% dari seluruh perusahaan yang disurvei menggunakan lebih dari satu layanan cloud.

Hanya saja, perusahaan-perusahaan itu menghadapi tantangan bahwa 80% beban kerja yang kritkal dan data yang sensitif masih dijalankan di sistem yang ada di perangkat lokal, karena adanya peraturan yang berlaku dan kinerja tertentu yang diperlukan. Hal ini ditemukan dari hasil penelitian Ovum belum lama ini. Solusi ini dapat dioptimalisasi pada IBM Cloud, memperluas kemampuan bisnis untuk mengatur dan melakukan integrasi beban kerja pada layanan cloud dari penyedia layanan yang berbeda-beda seperti Amazon dan Microsoft.

Menurut Kalyan Madela, Asean CTO IBM Cloud ,dengan pendeketan open source,  data dan aplikasi dapat diatur di berbagai aplikasi cloud. "IBM Multicloud Manager akan memposisikan perusahaan untuk mengukur jumlah investasi cloud yang diperlukan dan memiliki nilai bisnis dari cloud sendiri," ujar Kalyan

Bukan saja produktivitas ekonomi yang diraih, dengan penggabungan cloud dapat menciptakan bisnis proses baru yang akan mendorong perusahaan selanjutnya bisa memasuki pangsa pasar baru. "Generasi baru teknologi cloud IBM Multicloud Manager yang baru ini berjalan di atas IBM Cloud Private platform milik perusahaan yang berbasis pada penampung Kubernetes untuk membentuk sebuah teknologi – sebuah pendekatan open-source untuk ‘membungkus’ aplikasi dalam tempat penampung yang memudahkan mereka dan lebih mudah diatur di berbagai kondisi cloud – dari sistem on-premises menjadi public cloud," paparnya.

Di bulan yang sama IBM juga mengumumkan bahwa ratusan dari perusahaan di dunia telah beralih ke IBM Cloud Private untuk membantu transformasi di perusahaan mereka. Kini dengan adanya Multicloud Manager IBM akan memperpanjang kemampuan tersebut untuk interkoneksi dengan berbagai layanan cloud, dan dari penyedia yang berbeda, membuat sistem yang satu untuk meningkatkan konsistensi, automasi dan prediktabilitas.

Pusat solusi terbaru ini adalah dashboard yang pertama di jenisnya yang dihubungkan untuk mengatur ribuan aplikasi Kubernetes dan memutar jumlah data yang besar dengan lebih efektif dari mana pun data tersebut berlokasi. Menurutnya, solusi ini bisa meningkatkan modernisasi bisnis, contoh perusahaan rental kendaraan yang menggunakan satu jenis cloud untuk layanan AI mereka, dan cloud lainnya untuk sistem pemesanan dan menjalankan proses keuangannya pada komputer yang ada di perangkat lokal di seluruh dunia, jika didukung dengan IBM Multicloud Manager akan memudahkan untuk menjangkau berbagai infrastruktur komputasi perusahaan dan memudahkan pelanggan untuk memesan kendaraan dengan lebih cepat menggukan aplikasi mobile perusahaan.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)