Marketing Trends

IdeaFest 2022 Targetkan 25 Ribu Pengunjung

IdeaFest 2022 Targetkan 25 Ribu Pengunjung
Gelaran selama 4 hari tersebut akan diisi oleh 11 pemateri dari beragam bidang industri kreatif

IdeaFest 2022, festival kreatif akbar yang telah diselenggarakan selama 11 tahun akan kembali pada November 2022. Mengangkat tema Reality Re:defined, IdeaFest 2022 mengusung semangat pertumbuhan industri kreatif Indonesia melalui partisipasi dan kolaborasi dari seluruh lapisan industri kreatif.

Festival ini akan berlangsung pada tanggal 24-27 November 2022 bertempat di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan. “Masa pandemi yang telah kita sama-sama lalui 2 tahun ini membuat pengalaman menghadiri on-ground event menjadi sesuatu yang kian ditunggu-tunggu oleh masyarakat. Menjadi tahun yang spesial, pada gelaran IdeaFest 2022 kami akan menyulap hampir seluruh hall JCC menjadi sebuah collaborative hub yang mampu mengakomodir diskusi dan interaksi antar pelaku kreatif,” Jelas Ben Soebiakto, Co-Chairman IdeaFest 2022.

Gelaran selama 4 hari tersebut akan diisi oleh 11 pemateri dari beragam bidang industri kreatif. Di antaranya yaitu sesi panel dengan komunitas Utopia dan Web 3 bertajuk Utopiablockverse akan membahas tema seputar Metaverse, NFT, crypto dan blockchain.

Kemudian, ada Magna bersama Erlangga Putra bakal berkolaborasi dengan para pecipta rupa yang akan membuat Hall of Makers. Lalu, Manual Food Jakarta, mereka berencana akan membuat food market yang di dalamnya akan ada kegiatan kurasi kuliner-kuliner kreatif di Jakarta dan akan disajikan untuk bisa dinikmati pengunjung yang hadir di sana nanti.

Berikutnya, akan ada Doubledeer, mereka akan mengusung tema Sustainability Expo, jadi akan ada sekitar 20 tenant yang telah melalui proses kurasi yang akan menampilkan program dan produk ramah lingkungan mereka. Lalu, ada dua media yang dibangun anak muda yakni TFR dan Volix, akan membuat program bertajuk Reality Re-united dalam bentuk talk show.

Untuk mewujudkan tujuan utama dari festival ini yaitu menciptakan ruang-ruang kreatif baru, maka aka nada kolaborasi Ideafest dengan Nex Space menghadirkan The Next Space. Ini semacam inkubator untuk ide-ide baru yang segar yang terpilih dan akan mengikuti mentoring selama empat hari dan di akhir acara akan diikutkan dalam sesi pitching dengan investor untuk mendapatkan pendanaan. Juga, akan ada Pemimpin.id sebagai program untuk melahirkan leader baru dari seluruh Indonesia.

Idea fest 2022 kali ini juga akan dilengkapi dengan hiburan komedi dari Majelis Lucu Indonesia, untuk menghibur dan membina komedian Indonesia agar bisa naik kelas dalam hal membuat konten komedi. “Jadi melalui Idea Fest ini kami berharap bisa menjadi media bagi insan kreatif Indonesia untuk menunjukkan sudut pandang mereka terhadap hal-hal yang sedang menjadi perhatian dunia saat ini. Sebenarnya realitanya seperti apa, apa ada gaya hidup baru yang perlu kita adopsi dan apa peluang-peluang yang bisa ditangkap dari sudut pandang kreatif,” ungkap Ben.

Belajar dari hasil evaluasi penyelenggaraan Idea Fest di tahun-tahun sebelumnya, maka tahun ini Idea Fest ingin ada program yang berkelanjutan untuk para wirausaha muda di bidang industr kreatif ini, salah satunya dengan mengahdirkan The Next Space yang akan menjadi inkubator untuk mematangkan konsep bisnis mereka dan pada akhirnya akan memberikan mereka kesempatan mengakses investasi.

Ben menargetkan Idea Fest 2022 akan dihadiri 25 ribu pengunjung. Target ini berdasarkan data terakhir Idea Fest yang diselanggarakan secara offline tahun 2019 yang dihadiri 20 ribu pengunjung.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved