Technology Trends

IGC 2020 Diikuti 31 Ribu Lebih Mobile Gamer

Gelaran Indonesia Games Championship (IGC) 2020 mampu menjaring 31.442 peserta yang berasal dari 457 kabupaten/kota di seluruh Indonesia

Kompetisi Indonesia Games Championship (IGC) 2020 yang digelar Dunia Games Telkomsel mendapat sambutan antusias. Meski di tengah pandemi COVID-19, gelaran yang diadakan secara daring ini, telah diikuti 31.442 peserta atau penggiat mobile game yang tersebar dari seluruh wilayah di Indonesia.

Konsistensi Dunia Game Telkomsel dalam mendukung perkembangan ekosistem digital melalui penyelenggaraan ini, merupakan upaya menjalankan empat pilar utama layanannya yang meliputi portal media komunitas, penerbit game, penyelenggara kompetisi, dan layanan pembayaran. Kesemuanya menjadi rangkaian penegasan komitmen menjalankan roadmap menjadi penyedia layanan digital terdepan di Indonesia.

Menurut General Manager Games and Publishing Telkomsel, Auliya Ilman Fadli, pihaknya terus memaksimalkan peran sebagai society enabler dengan memaksimalkan aset digital perusahaan untuk menghubungkan komunitas dalam ekosistem esport di Indonesia melalui Dunia Games.

“Di masa pandemi ini, dalam menyelenggarakan IGC 2020, Dunia Games menggandeng Garena, dalam merancang kompetisi agar tetap dapat diselenggarakan secara online. Hal ini dimaksudkan agar tetap dapat mengakselerasikan perkembangan ekosistem esport secara utuh, sekaligus mendorong para penggiat di dalamnya agar termotivasi untuk terus bergerak maju dalam berkarya dan berkontribusi positif terhadap kemajuan ekosistem esport di Indonesia dalam segala situasi dan kondisi,” jelas Auliya.

Business Development – Esports Manager Garena Indonesia, Wijaya Nugroho mengatakan, dari tahun ke tahun pertumbuhan gaming dan Esports di Indonesia sangat luar biasa. Antusias dari ekosistem gaming dan Esports di Indonesia tak terbendung.

“Garena telah menjalani sejumlah kerja sama strategis bersama Telkomsel dan Dunia Games, salah satunya dengan menggelar kompetisi Indonesia Games Championship 2020 dan Dunia Games Golden Ticket FFIM 2019. Kolaborai ini s supaya dapat bersama-sama memajukan ekosistem esports di Indonesia,” jelas Wijaya.

Sejak bergulir pada Mei 2020 lalu, penyelenggaraan IGC 2020 mampu menjaring lebih banyak peserta dibandingkan dengan penyelenggaraan pada dua edisi sebelumnya. Jumlah peserta IGC 2020 tercatat meningkat sebesar 51% dibandingkan dengan IGC 2019, dan sekitar 190% jika dibandingkan dengan awal penyelenggaraannya pada tahun 2018. Hingga saat ini, secara keseluruhan sekitar 31.442 peserta yang terbagi menjadi 7.234 tim telah berpartisipasi dalama gelaran IGC 2020, dimana lebih dari 1.200 diantaranya adalah peserta perempuan yang terbagi dalam 300 tim.

Di samping itu, keikutsertaan peserta dalam IGC 2020 juga semakin meluas, dimana keseluruhan peserta berasal dari 457 kabupaten/kota di Indonesia. Sebaran peserta IGC 2020 cukup merata di wilayah Kalimantan, Papua & Maluku, serta Bali & Nusa Tenggara yang masing-masing diwakili oleh lebih dari 350 tim atau sekitar 1.500 peserta. Sedangkan wilayah Sulawesi dan Sumatera masing-masing diwakili oleh sekitar 450 tim atau 1.900 peserta, dan 1.000 tim atau 4.300 peserta. Pulau Jawa tetap menjadi wilayah yang menyumbang jumlah peserta terbesar, yaitu sebanyak 2.191 tim atau 9.225 peserta.

Tumbuhnya jumlah peserta, keikutsertaan peserta perempuan, serta meluasnya sebaran perwakilan peserta IGC 2020 dari berbagai wilayah di Indonesia ini menambah optimisme Telkomsel dalam melanjutkan komitmen membangun ekosistem digital yang inklusif di Indonesia. Sejak awal memutuskan untuk serius dalam bertransformasi menjadi perusahaan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia.

“Kami percaya bisnis layanan digital seperti mobile gaming akan semakin berkembang luas seiring semakin mudahnya masyarakat mendapatkan askes jaringan broadband yang merata hingga pelosok negeri. Hal tersebut juga mendorong Telkomsel untuk terus menjadikan Dunia Games sebagai salah satu generator layanan digital yang dapat menguatkan potensi ekonomi digital masyarakat tidak hanya di kota-kota besar yang ada di Indonesia”, lanjut Auliya.

IGC 2020 sendiri mempertandingkan empat game, yaitu League of Legends, Free Fire, Call of Duty Mobile, dan Arena of Valor. Kompetisi tersebut telah memasuki babak kualifikasi nasional dan akan menggelar Grand Final pada akhir Agustus mendatang. Rangkaian kegiatan IGC 2020 yang diselenggarakan secara online dapat disaksikan di berbagai channel digital Dunia Games serta aplikasi MAXstream.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved