Indomarco Prismatama Targetkan Bangun 10 Indomaret Drive Thru Hingga Akhir 2020

Salah satu outlet Indomaret drive thru, yang merupakan oultet keempat dibuka di Jalan Tomang Raya 41, Grogol, Jakarta Barat, yang diresmikan pembukaannya, awal Agustus lalu.

Ketatnya persaingan bisnis ritel membuat para pelaku bisnis harus lebih inovatif dalam memenuhi kebutuhan konsumen. Untuk memberikan kepuasan dan kenyamanan, PT Indomarco Prismatama melakukan terobosan baru dengan mengembangkan layanan drive thrumelalui Indomaret Drive Thru.

Menurut Direktur Pemasaran PT Indomarco Prismatama, Wiwiek Yusuf, Indomaret tercatat sebagai toko ritel pertama di Indonesia yang dilengkapi dengan layanan  drive thru. Layanan ini diperkenalkan sejak September 2019 sebagai terobosan inovasi merespon kebutuhan masyarakat yang terus berkembang. 

Wiwiek menambahkan, layanan drive thruterus dikembangkan secara selektif di kota-kota  yang tingkat kesibukannya tinggi , di antaranya Gresik, Jakarta, Sentul Bogor, Purwakarta, Medan. Diakui Wiwiek saat ini Indomaret Drive Thru sudah ada 5 toko yaitu yang tersebar di beberapa kota seperti Jakarta (2 toko), Surabaya (1 toko), Gresik (1 toko) dan Semarang, tepatnya Rest Area Batang Jawa Tengah (Semarang) (1 toko). “Hingga akhir tahun ini kami targetkan membuka 10 toko Indomaret Drive Thru,” kata Wiwiek saat dihubungi SWA via WhatsApp.

Sayangnya, Wiwiek enggan menyebut investasi yang digelontorkan untuk pengembangan bisnis Indomaret Drive Thru ini. “Investasi hampir sama, karena tinggal buka jendela untuk kasir dan pengambilan barang dan peralatan tambahan saja. Toko  yang dibuka adalah yang  memungkinkan dan ada potensi traffic,” katanya.

Apakah akan difranchisekan untuk mempercepat pengembangan? Menurut  Wiwiek, belum secepat itu,  karena Indomaret Drive Thru merupakan ini format baru, sehingga harus berjalan dulu serta diuji hasilnya.

A. Nenny Kristyawati, Public Relations Manager PT Indomarco Prismatama, menambahkan, konsep drive thru sangat relevan apalagi di era new normal sekarang ini. Dengan adanya layanan drive thru, masyarakat dapat melakukan transaksi belanja lebih praktis, cepat dan nyaman. “Mulai dari pemesanan, pembayaran dan pengambilan barang, konsumen secara leluasa tetap berada di kendaraan dan tanpa masuk ke dalam toko Indomaret,” kata Nenny.

Indomaret drive thru beroperasi 24 jam dan juga tetap melayani pelanggan yang  datang langsung berbelanja di toko. Layanan ini sangat cocok bagi pekerja profesional dan orang yang senang bepergian. Apalagi dalam kondisi seperti sekarang, layanan ini menjadi pilihan yang praktis dan efisien, serta untuk meminimalisir kontak dengan konsumen lain (physical distancing).

Menurut Nenny, konsumen dapat melakukan pemesanan, pembayaran belanjaan di loket “Pesan & Bayar” yang tersedia tanpa harus turun dari kendaraan (mobil, motor, sepeda) dan juga pengambilan pesanan di loket “Ambil Pesanan.” Dengan menggunakan moda transportasi jenis kendaraan apa pun waktu layanannya tetap sama rata-rata  3-4 menit. “Indomaret drive thru, menyediakan kombinasi  produk grocery dan makanan siap saji,” katanya.

Konsep drive thru sangat relevan, terlebih ditambah di era new normal sekarang ini. Dengan adanya layanan drive thru, masyarakat dapat melakukan transaksi belanja lebih praktis, cepat dan nyaman. Karena mulai dari pemesanan, pembayaran dan pengambilan barang , konsumen secara leluasa tetap berada di kendaraan dan tanpa masuk ke dalam toko Indomaret. 

IIndomaret drive thruberoperasi 24 jam dan juga tetap melayani pelanggan yang  datang langsung berbelanja di toko. Layanan ini sangat cocok bagi pekerja profesional dan orang yang senang bepergian. Apalagi dalam kondisi seperti sekarang, layanan ini menjadi pilihan yang praktis dan efisien, serta untuk meminimalisir kontak dengan konsumen lain (physical distancing).

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)