Trends

Industri Film Nasional Mestinya Mengedepankan Tokoh Pahlawan Indonesia

Industri Film Nasional Mestinya Mengedepankan Tokoh Pahlawan Indonesia

Gelombang film-film laga, yaitu film yang berorientasi mengenai seorang tokoh utama (hero) ketika menghadapi kejahatan, diketahui sudah ada sejak tahun 1930-an dengan tema gangster atau koboi. Namun baru sekitar tahun 1954, film bergenre laga ini mulai diminati ketika film Seven Samurai, film garapan Sutradara Jepang, Akira Kurosawa, sangat memikat sineas dunia dan banyak memengaruhi perfilman dunia, termasuk Hollywood.

Setelah itu, banyak film laga bermunculan dan menampilkan tokoh-tokoh ‘jagoan’ mulai dari jagoan cowboy yang diperankan John Wayne, tokoh James Bond hingga tokoh superheroes yang diangkat dari komik/cerita fiksi seperti Iron man, Kapten Amerika, Spiderman, Superman, Aquaman, dan lainnya.

Kini, seiring dengan perkembangan zaman, film-film superheroes, merupakan ciptaan industri tersebut dapat dengan mudah diakses di platform seperti Netflix, YouTube dan platform sejenis lainnya. Bahkan oleh anak-anak sekalipun, sebut saja generasi Z (Gen Z). Lalu, ditambah dengan fakta bahwa kepemilikan gadget oleh anak-anak Gen Z tersebut, telah menyentuh angka 86 persen dan jumlah waktu yang dihabiskan mereka untuk berselancar di internet mencapai minimal 4 jam sehari. Kalau dulu kita harus ke bioskop untuk bisa menonton film superhero, sekarang, hanya tinggal klik beberapa kali, film-film tersebut sudah bisa ditonton.

Kemudahan ini lantas menimbulkan fenomena baru. Salah satunya, dikarenakan hampir semua media, mobile games, dan film yang kini beredar, jarang sekali atau bahkan tidak sama sekali melibatkan tokoh-tokoh nasional atau budaya lokal khas Indonesia. Akibatnya, Gen Z ini terlihat lebih mudah mencerna budaya luar. Mereka seolah lebih lancar menceritakan kisah superhero ciptaan industri daripada sosok pahlawan nasional dan boleh dibilang hampir tidak mengenal pahlawan-pahlawan tersebut, walau hampir sekitar 8 pahlawan nasional yang wajahnya masih tercetak di uang kertas yang berlaku atau ratusan pahlawan yang namanya menjadi nama jalan.

Seperti juga apa yang pernah terjadi beberapa waktu lalu, di mana beredar video viral social experiment di platform media sosial yang berisikan game tebak foto para pahlawan, dan anak-anak tersebut, ketika ditampilkan foto-foto para pahlawan, mereka tidak sanggup menjawab dengan benar. Namun sebaliknya, tanpa berpikir panjang mereka langsung menjawab dengan benar ketika melihat foto-foto para superheroes.

Kasandra Putranto, psikolog yang dihubungi via online mengatakan, sebaiknya anak-anak zaman sekarang diingatkan kembali betapa pentingnya mendalami dan mengingat sejarah bangsa Indonesia. Namun, karena sekarang sudah memasuki era digital, anak-anak akan lebih tertarik dengan media dan teknologi informasi. Oleh karena itu, tenaga pendidik bisa mencoba mencari cara untuk menyampaikan pelajaran sejarah dengan melibatkan teknologi informasi yang menarik seperti video atau dokumenter di situs online, animasi, seni, dan sebagainya.

Selain itu, orang tua juga hendaknya membiasakan anak-anak untuk kenal dengan sejarah bangsa sejak kecil dengan cara mengajak mereka berkunjung ke museum dan situs bersejarah.

Fenomena yang terjadi ini sama sekali bukanlah kesalahan anak-anak semata. Mereka ibaratnya, seperti kanvas putih, yang bertanggung jawab adalah kita semua, sebagai orang tua, untuk melukiskan warna yang tepat pada kanvas tersebut.

Dalam skala yang luas, pengaruh-pengaruh dan paparan tersebut datang dari perusahaan-perusahaan besar, yang seharusnya bisa ambil bagian dalam mengintervensi hal ini. Sebagai perusahaan, mereka bisa ikut andil dalam memberikan dan mengusahakan agar generasi muda bisa lebih mengenal para pahlawan dari negara mereka berasal, serta menumbuhkan kembali kecintaan anak muda kepada para pahlawan dan sejarah bangsanya. Misalnya saja dengan melakukan kegiatan CSR (Corporate Social Responsibility) bagi anak-anak dalam bentuk yang lebih fun dengan melibatkan tokoh-tokoh pahlawan lokal atau menggunakan budaya lokal.

Selain itu, perusahaan-perusahaan media, games, dan perfilman Indonesia mungkin juga bisa lebih memperbanyak pembuatan film atau games yang mencantumkan budaya lokal dan tokoh-tokoh pahlawan Indonesia. Langkah ini dapat memberikan dampak yang positif, dengan harapan anak-anak tersebut bisa mengenang dan mencontoh semangat kebangsaan yang ada di diri para pahlawan nasional.

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved