Marketing Trends

Ini Formulasi Garap Pariwisata untuk Pasar Anak Muda Australia

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenpar)/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Republik Indonesia mengadakan seri Indonesian Sellers Meeting untuk pasar Australia berjudul “Indonesian Sellers Meeting: Australia Update – Insights To Tap The Youth FIT Segment” pada 30 Juli 2020 di platform online.

Tujuan dari acara ini adalah untuk mengetahui update pasar Australia dan menciptakan peluang bisnis bagi para stakeholder pariwisata. Sebanyak 200 peserta dengan sebagian besar dari mereka adalah sellers dari seluruh Indonesia menghadiri sesi satu jam ini.

Vinsensius Jemadu Direktur Pemasaran Pariwisata Regional I (Indonesia, ASEAN, dan Oseania) Kemenpar RI pada pembukaan acara menjelaskan bahwa acara ini merupakan kelanjutan dari Indonesian Sellers Meeting yang diadakan pada 14-16 Juli 2020, dan bertujuan untuk memberikan informasi terbaru dan mengkoneksikan kembali para stakeholder pariwisata Indonesia, terutama para sellers, dengan Pasar Australia.

“Kita dapat membangun strategi yang kuat dan bermakna untuk menyambut para wisatawan Australia ke Indonesia. Kami tahu bahwa cepat atau lambat, turis Australia akan datang ke Indonesia, tetapi kami sangat berharap semakin cepat semakin baik,” kata Vinsensius.

Segmen Youth Free Independent Traveler (FIT) gen Z dan milenial menjadi topik acara ini karena mereka lebih suka berpetualang, dan diprediksikan bahwa mereka akan kembali ke traveling terlebih dahulu. Hal ini akan menjadi tren pariwisata global. Selain itu grup kecil juga akan menjadi tren bagi wisatawan internasional untuk bepergian di era new normal.

Miriam Tulevski Visit Indonesia Tourism Officer (VITO) Australia menyampaikan paparannya pada sesi dua, tentang kebijakan terbaru pasar Australia, terutama kebijakan pemerintah tentang pembukaan perbatasan, dan wawasan demografis kaum muda.

“Australia berada di tengah gelombang kedua Covid-19 dengan jumlah kasus hampir 15.000 orang. Negara bagian dan teritori di Australia yang menentukan pembukaan perbatasan domestik,” jelas Miriam yang juga menjadi moderator diskusi ini.

Ia menambahkan, Australia Barat tertutup bagi semua orang, padahal Australia Barat adalah sumber wisatawan terbesar untuk Bali dengan 500.000 pengunjung per tahun. “Australia Barat sangat sensitif tentang perbatasannya. Perbatasan New South Wales tetap dibuka sepanjang waktu, sementara di Victoria semua negara bagian dekat perbatasan dengan Victoria, dan di Tasmania membuka “bubble” di Australia ke negara-negara lain,” ungkapnya.

Maksud kondisi untuk “bubble” menurut Miriam adalah pengujian yang cukup, transmisi yang rendah atau tidak sama sekali untuk menghindari karantina pada saat kedatangan dan keberangkatan, dan kedua pemerintahan sepakat menyatakan aman untuk bepergian.

“Pemerintah New South Wales memungut biaya $ Aus 3000 per orang untuk karantina hotel selama 2 minggu. Peluang bagi Indonesia adalah mendukung pulau atau wilayah untuk menjadi daerah aman COVID, memeliharanya, memverifikasi dan melobi untuk dimasukan dalam White List negara-negara aman (wilayah) WHO, dan sektor swasta dan pemerintah untuk mencari peluang,” ujarnya.

Dalam hal konektivitas, saat ini hanya Garuda Indonesia yang terbang ke Indonesia, mereka melakukannya dari Perth, Sydney, Melbourne dan hanya ke Jakarta setiap 2 minggu. Di Australia, ada Virgin Australia yang akan fokus pada penerbangan domestik.

Berbicara tentang pemulihan ekonomi, semua pemerintah menyeimbangkan pemulihan kesehatan dan ekonomi, peraturan berubah oleh negara bagian dan teritori untuk pertemuan publik, pemerintah memberikan dukungan bagi individu dan bisnis, dan dorongan pariwisata domestik utama.

Ia menjelaskan tren pasar dan perilaku konsumen di Australia, dalam hal bisnis perjalanan yang harus diperhatikan asalah menerapkan protokol kesehatan, operator pariwisata berubah ke pasar domestik; untuk transportasi ada peningkatan liburan dengan kendaraan pribadi, peningkatan penggunaan mobil pribadi, beberapa kekhawatiran perjalanan udara.

Miriam menerangkan bahwa pekerjaan dan keuangan rumah tangga menjadi perhatian masyarakat Australia saat ini, sekita 800.000 karyawan telah kehilangan pekerjaan, karyawan antara 20-29 tahun yang paling terpukul, pengangguran kaum muda paling tinggi sejak tahun 1997.

Siapa yang akan kembali melakukan perjalanan? Ia mengatakan skenario pertama setelah vaksin hadir adalah remaja berusia 18-34 tahun, dan memiliki anak; dan skenario 2 yang hidup dengan COVID adalah remaja berusia 18-34 tahun tanpa anak, petualang: penyelam, pejalan kaki, berkemah, dan pasar pesiar mendukung praktik kebersihan. Pasar demografi untuk anak muda FIT adalah usia 20-34 tahun, ukuran populasi 5,5 juta, dan pada tahap kehidupan ingin melihat dunia atau memulai keluarga. “Aktivitas paling favorit saat liburan bagi orang Australia adalah pergi ke pantai dan bersantai,” ujarnya.

Miriam menandang motivasi untuk pasar anak muda secara internal seperti pemenuhan diri #noregrets dan eksternal adalah atribut tujuan, namun tetap menperhatikan keselamatan dari COVID. Sementara itu hambatannya juga banyak, seperti tidak dapat karantina di hotel saat kembali: waktu atau biaya, tidak bisa mengambil cuti, dan uang.

Sesi ketiga, Tom McDonald Manajer Produk Asia Tenggara Intrepid memaparkan tren pariwisata dan kebutuhan perilaku perjalanan tentang bagaimana hal ini dapat berhubungan dengan Gen Z dan millennial, bisnis, dan kebutuhan pelanggan di lingkungan paska COVID dan menghubungkannya dengan sellers Indonesia.

“Tren pariwisata saat ini berada di jalur petualangan, untuk menjadikekuatan untuk kebaikan, melihat dunia tanpa keramaian, dan akomodasi kaya pengalaman berkelanjutan. Pengalaman pariwisata yang berkualitas untuk Gen Z dan millennial didefinisikan sebagai fokus pada pengalaman otentik dan luar biasa serta luar biasa untuk uang. Jenis pariwisata seperti perjalanan yang kaya pengalaman sustainable, pengalaman jalan yang jarang dilalui, dan kenyamanan,” paparnya.

Tom mengungkapkan hasil survei Intrepid pada Juni 2020 pada sejumlah besar agen perjalanan di seluruh Australia untuk mendapatkan pemahaman tentang keinginan, kebutuhan, kekhawatiran, dan pertimbangan pelanggan dalam perjalanan yang dipengaruhi COVID.

“Ini adalah riset pasar tentang perubahan perilaku masyadakat bahwa mereka akan bepergian dengan pasangan, keluarga, dan teman; masalah perjalanan (finansial); jenis pengalaman (relaksasi, alam); dan moda transportasi (kendaraan pribadi),” jelasnya.

Untuk produk dan layanan, bisnis dan pelanggan mengharapkan standar keselamatan, penilaian risiko, standar kebersihan, kondisi pemesanan yang fleksibel, keramaian dan pariwisata, perjalanan yang responsible, lebih dekat ke rumah, dan perjalanan satu negara.

“Sellers Indonesia harus menjual produk dan layanan mereka di Australia dengan memenuhi standar kesehatan dan keselamatan, keberlanjutan dan perjalanan yang bertanggung jawab, dan sadar anggaran,” ia menyarankan.

Morgan Reardon Editor Lifestyle Urban List yang mendapat kesempatan terakhir mengungkapkan hasil riset dari Urban List bersama Nature dan The Lab melakukan Isonation, penyelidikan tiga pod tentang nilai-nilai dan perilaku orang Australia yang berubah selama COVID-19, pada bulan Maret 2020.

“Ada 82% orang Australia berpikir mereka tidak akan tinggal di tempatlain saat ini dan 51 % mengatakan bahwa rasa kebanggaan mereka sebagai orang Australia telah meningkat selama 3 bulan terakhir, ini merupakan peningkatan dari jenis baru kebanggaan Australia,” tuturnya.

Menurutnya, Australia telah menyadari nilai bepergian tidak jauh dari rumah, 3 dari 4 orang lebih cenderung mempertimbangkan berlibur di Australia dibandingkan ketika masa sebelum COVID-19 dan 2 dalam 3 orang berencana untuk melakukan road trip atau melakukan perjalanan keluar perbatasan yang lebih sering ketika masa sebelum COVID-19.

“Hampir 45%, orang Australia mengatakan bahwa ketika perbatasan dibuka kembali, pernyataan itu selaras dengan perasaan mereka tentang perjalanan saat ini adalah saya siap melakukan perjalanan antar negara tetapi tidaksecara internasional. Itu berarti Australia memprioritaskan menjelajahi halaman belakang mereka sendiri, tetapi Gen Z memiliki selera terbesar untuk pergi ke luar negeri,” jelasnya. Dalam hal pengeluaran, sebagianbesar menjaga pengeluaran liburan mereka konsisten dengan kehidupan mereka sebelum COVID-19.

Para audiens sudah berpikir besar, lebih dari setengahnya merencanakan perjalanan pertama mereka selama lebih dari seminggu.Sementara untuk akomodasi perjalanan mereka, hampir 45% Gen Z dan millennial adalah penggemar Airbnb. Sekitar 30%, alasan utama bepergian lebih cenderung ingin melihat keluarga mereka. Sementara itu, sekitar 30% Gen Z menginginkan petualangan dan pengalaman.

Berbicara tentang dengan siapa mereka akan bepergiaj, lebih dari setengah millennial akan bepergian dengan pasangan mereka, sementara Gen Z hampir dapat melakukan perjalanan dengan teman-teman seperti halnya dengan pasangan mereka.

Untuk pertanyaan paling penting, kemana mereka akan pergi? “Bagi orang Australia saat ini adalah Selandia Baru, tetapi Bali juga menjadi topik pembicaraan mereka. Sebagai kesimpulan, wisatawan Australia pasca COVID masih mencari petualangan; mereka berkembang dengan cepat, salah satu pengalaman yang baik; mereka pecinta makanan; masih memiliki hasrat besar untuk bepergian dan suka pergi dari grid; dan mereka punya uang tunai untuk dibelanjakan dan ingin bepergian; mereka suka bepergian dan menggunakan konten Urban List untuk melakukannya,” terangnya.

Menurut Morgan damam 12 bulan terakhir, sekitar 12,7 juta tampilan halaman dari tips dan rencana perjalanan intrastate, interstate, dan internasional, 94% audiens Urban List memanfaatkan konten Urban List untuk penelitian pra dan perjalanan tengah.

Acara ini diharapkan dapat memberikan wawasan dan referensi bagi stakeholder pariwisata tentang tren pasar normal baru. Sehingga, produk pariwisata dapat memenuhi tren dan kondisi pasar yang baru.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved