Ini Saran Sandiaga pada Peserta XL Future Leaders 2018

 

Program  XL Future Leaders (XLFL) yang digagas PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) merupakan komitmen perusahaan telko ini dalam mendukung anak-anak muda Indonesia untuk bisa mengambil peran di era digital yang semakin memengaruhi berbagai ranah kehidupan masyarakat.

Salah satu upaya yang  dijalankan  XL Axiata  adalah memfasilitasi mereka untuk bisa memasuki dunia industri kreatif yang memanfaatkan kecanggihan teknologi digital. Untuk itu,  XL Axiata menggelar talkshow bertema Creative Business - Xplore Your Business with Creativity di Ice Palace Lotte Shopping Avenue Jakarta (24/07/2018) dengan target peserta dari kalangan mahasiswa.

Pada kesempatan tersebut Sandiaga Uno, Wakil Gubernur DKI Jakarta yang juga sebelumnya dikenal sebagai pebisnis sukses mengajak mahasiswa yang hadir untuk tidak takut berbisnis apalagi bisnisnya terkait industri kreatif. ”Kami sangat mendukung industri kreatif. Untuk memajukannya, Pemprov DKI butuh masukan dan dukungan sektor swasta dan pebisnis muda. Dari kami sendiri bentuk dukungan pada industri kreatif adalah dengan membangun ekosistem kreativitas, bentuknya dengan kemudahan perijinan, pendampingan oleh pengusaha-pengusaha muda yang sudah terbukti berhasil, ikutlah program Oke Oce terutama bagi pengusaha muda yang baru merintis,” katanya.

Bagi wirausaha muda, Sandi mengajak untuk memanfaatkan momentum Asian Games 2018 untuk memperlihatkan Jakarta yang menyenangkan, ramah dan hangat. “Warung Upnormal itu saya lihat sangat instagramable,  ini bisa menjadi bagian menunjukkan Jakarta yang unik di event besar ini,” jelasnya. Sandi yakin di tengah kondisi ekonomi yang cenderung stagnan, pariwisata bisa  andalan ekonomi Indonesia bahkan hingga di masa depan dengan segala keunikannya.

Selain Sandi, Pimpinan Redaksi Tirto.id, A. Sapto Anggoro, pendiri Warunk Upnormal Stefanie Kurniadi, serta pendiri Elders Garage Heret Frasthio menjadi pembicara dalam acara XLFL ini. “Bisnis kreatif yang diinisiasi anak muda terus berkembang secara dinamis dan memberi pengaruh besar terhadap kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia. Data yang dikeluarkan oleh Badan Ekonomi Kreatif, ada sekitar 8,2 juta jumlah usaha ekonomi kreatif, di mana 20% di antaranya merupakan usaha rintisan atau startup yang berkembang pesat sejak era 2014 dan antara lain digerakkan oleh anak muda milenial. Lahan ekonomi kreatif inilah yang saat ini dan ke depannya diperkirakan akan semakin berkembang dan berpotensi memberikan kontribusi yang signifikan pada pertumbuhan ekonomi nasional,” jelas Muhamee Adlan bin Ahmad Tajudin, Direktur Keuangan XL Axiata.

Adlan menambahkan, sebagai perusahaan telekomunikasi dan teknologi, XL Axiata memiliki perhatian khusus pada tumbuh dan berkembangnya industri ekonomi kreatif, khususnya yang berbasis digital. Selain sisi bisnis, melalui program tanggung jawab sosial perusahaan melalui XLFL XL Axiata ini ikut menyiapkan anak-anak muda Indonesia penuh potensi untuk bisa mengisi kebutuhan sumber daya manusia unggul di era digital mendatang. Program ini memang didesain dengan menyesuaikan pada perkembangan gerak perkembangan zaman yang terjadi saat ini, di mana industri digital dan kreatif semakin terlihat akan menjadi penopang ekonomi dunia di masa mendatang.

XLFL adalah program pengembangan kepemimpinan untuk mempersiapkan calon pemimpin global yang mempunyai jiwa kepemimpinan sekaligus mempunyai sifat kepedulian dengan lingkungan sekitar. Dengan begitu, XL Axiata berharap para peserta suatu saat nanti akan bisa secara maksimal ikut membangun masa depan Indonesia yang lebih baik. Program ini berlangsung selama dua tahun untuk setiap angkatan.

Tahun ini, kembali XL Future Leaders akan melakukan seleksi untuk para calon peserta. Para mahasiswa yang tertarik untuk mengikuti program XL Future Leaders dapat mengikuti seleksi dengan melakukan registrasi secara online via website join.xlfutureleaders.com mulai 1 April dan akan berakhir pada 31 Juli 2018. Peserta yang lulus registrasi online akan diumumkan pada bulan Agustus dan akan mengikuti tahap selanjutnya yaitu Tes Tertulis yang diadakan secara online pada bulan Agustus.

Untuk bisa mengikuti program berdurasi 2 tahun ini, syarat yang harus dipenuhi antara lain adalah berstatus sebagai mahasiswa aktif, berusia maksimal 21 tahun, pada saat mendaftar sedang menempuh tahun pertama atau kedua program S-1, terbuka untuk semua jurusan, serta memiliki IPK minimal 2,8. Program XLFL ini terbuka untuk seluruh mahasiswa yang tersebar di seluruh Indonesia. Tahun ini, jumlah peserta yang diterima berjumlah minimal 150 orang terpilih melalui serangkaian seleksi ketat yang diadakan oleh XL Axiata. Tidak ada kuota khusus untuk masing-masing daerah pada saat seleksi peserta dilakukan.

Tahap selanjutnya yang harus diikuti oleh calon peserta program XLFL adalah FGD dan wawancara yang akan diadakan pada Agustus hingga September. Pengumuman peserta yang lulus tahap ini, dan sekaligus menjadi peserta XLFL angkatan ke-7, akan diumumkan pada bulan Oktober 2018.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)