Marketing Trends

Inovasi Ardiles dengan Sepatu Stonebroke dan Kampanye #Localegend

Inovasi Ardiles dengan Sepatu Stonebroke dan Kampanye #Localegend
Komisaris Ardiles, David K Widjaja (tengah)

Bagi masyarakat Indonesia, pasti sudah tidak asing lagi dengan brand sepatu lokal Ardiles. Sejak didirikan tahun 1950 di Surabaya, kini Ardiles berkembang hingga tiga generasi. Alas kaki produknya mulai dari sandal, sepatu sandal dan sepatu untuk berbagai umur, segmen, dan kalangan. Tidak hanya melayani pasar lokal, sebagai merek Ardiles telah diekspor ke beberapa negara.

Tahun 2021 Ardiles kembali membuat pijakan penting di Indonesia dengan merilis kampanye bertajuk “#localegend, yang telah dimulai sejak Juli 2021 hingga saat ini. Melalui kampanye tersebut, Ardiles percaya bahwa kolaborasi yang diwujudkan melalui ekspresi kreatif street community dan kompetisi olahraga skateboard membawa pesan tersendiri di tengah situasi seperti saat ini.

Lewat kampanye ini Ardiles juga ingin menciptakan sebuah eksoistem yang menjadi wadah untuk menyalurkan semangat bagaimana nilai sebuah momentum dalam hidup hadir dari sebuah proses kerja keras, karya, kolaborasi dan kebersamaan.

Merek sepatu ini juga memberikan ruang bagi seniman mural dan graffiti seperti Zany untuk berekspresi lewat karya grafiti di beberapa titik lokasi ikonik di Jakarta, serta komunitas atlet olahraga skateboard seperti Aldo Abdas.

“Saat kampanye lain biasanya membatasi ruang gerak dan ekspresi. Namun, #localegend menjadi wadah bagi para street artist untuk belajar mengeksplorasi dunia street art itu sendiri. Buat saya pribadi bisa menggmbar di objek yang besar itu merupakan kesempatan yang jarang buat para street artist dan bisa dibilang salah satu impian dapat membuat karya,” kata Zany.

Sedangkan Aldo punya pengalaman yang berbeda. “Waktu ke Papua ada anak skater di sana yang ternyata ikut kampanye ini dan menang. Saya sempat ditanya #localagend itu media atau apa. Artinya banyak yang sudah notice kampanye ini,” imbuh Aldo.

Sejalan dengan kampanye #localegend,i Ardiles meluncurkan sepatu sneaker inovasi terbaru Stonebroke yang merupakan kategori baru untuk Ardiles Culture dan VLCNZD (baca: Vulcanized). Hadirnya kategori terbaru ini, tentunya melengkapi jajaran pilihan alas kaki yang Ardiles miliki.

Komisaris Ardiles, David K Widjaja mengungkapkan, dengan meluncurkan sepatu sekaligus kategori terbaru, hal ini merupakan langkah besar bagi Ardiles untuk terus menghadirkan inovasi sebagai salah satu pionir sepatu lokal Indonesia. “Stonebroke tak hanya sebuah sneaker sebagai alas kaki, tetapi membuat pengguna merasakan pengalaman yang berbeda. Sepatu ini hasil perpaduan antara estetika, kualitas, kenyamanan dan otentisitas. Selain itu, Ardiles ingin menciptakan kultur bersama komunitas yang menghargai sebuah proses dan karya,” papar David.

Sejalan dengan hal tersebut, sepatu Stonebroke yang berbalut warna hitam dengan paduan garis aksen berwarna oranye vibran, memiliki keunikan pada bagian midsole dan outsole yang terbuat dari karet berwarna hitam yang nantinya akan berubah warna menjadi oranye vibran seiring waktu pemakaian. Stonebroke sendiri mengusung konsep ‘orange is a new black’ di mana akan memberikan efek kejutan bagi penggunanya, sehingga membuat sepatu ini lebih otentik, personal, dan berkarakter.

Stonebroke menggunakan kombinasi bahan kanvas dan suede yang memiliki daya tahan baik untuk menunjang berbagai aktivitas sehari-hari dan khususnya bagi pencinta olahraga extrem seperti skateboard, sepeda BMX ataupun untuk seseorang yang memiliki pribadi muda, dinamis, bersemangat, dan percaya diri. Kemudian ketika sedang beraktivitas malam hari, Stonebroke memiliki reflektor yang dapat memantulkan sinar lampu.

Dengan desain yang modern dan cocok bagi pria atau wanita tersebut disematkan material busa tebal pada lidah sepatu yang membuat pemakainya lebih nyaman serta tak perlu khawatir ketika beraktivitas dengan intensitas tinggi. Lalu terdapat fitur mesh yang berfungsi sebagai pengatur sirkulasi udara, dengan bahan yang kuat dan tahan terhadap gesekan, sehingga tidak mudah sobek.

Untuk menunjang tumpuan, Stonebroke juga memiliki fitur Superb insole yang didesain khusus agar dapat menopang alas kaki lebih kuat dan merasakan pengalaman pemakaian sepatu yang berbeda dari biasanya. Kabar baik juga bagi pegiat olahraga ekstrim, karena sepatu ini memiliki bumper karet di tiap sisi samping luar yang berguna melindungi kaki dan membuat sepatu menjadi lebih tahan lama.

Menurut David, tiap pembelian Stonebroke akan mendapatkan 1 boks eksklusif yang di dalamnya terdapat sepasang sepatu Stonebroke, 1 buah tagpin spesial dan sepasang tambahan tali sepatu berwana oranye vibran yang sesuai dengan konsep Produk baru ini dibanderol Rp 398.000 dipasarkan secara online di Ardiles Culture Official di berbagai platform e-commerce.

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved