Technology Trends

Inovasi Digital Billboard Pintar Ditenagai Kecerdasan Buatan

Perusahaan rintisan di bidang teknologi periklanan, StickEarn meluncurkan Digitron. Ini sebuah billboard digital yang mampu mengukur impresi atau orang yang melihat billboard tersebut secara otomatis. Pada peluncuran sesi pertama ini diresmikan 24 layar Digitron yang telah terpasang di Jakarta dan Surabaya.

Co-founder StickEarn, Archie Carlson mengatakan, Digitron tidak hanya dapat menampilkan iklan dengan berbagai macam ukuran dalam bentuk video maupun gambar statis, tetapi juga menanamkan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence) yang mampu menghitung secara otomatis dan lebih tepat, berapa yang terekspos oleh Digitron.

Ia juga menjelaskan bahwa perkembangan media periklanan luar ruang meningkat dalam beberapa waktu terakhir. Pada 2020, meskipun Covid-19 menghambat mobilitas dan perekonomian nasional, belanja iklan di billboard digital mencapai Rp 1,2 triliun, dua kali lipat dibandingkan dengan billboard tradisional yang hanya bisa menampilkan gambar statis.

“Di dalam dunia iklan luar ruang, hal yang dapat diukur adalah Opportunity to See (OTS) yang secara garis besar adalah potensi terlihatnya materi iklan yang ada di media iklan tersebut. Jika selama ini billboard tradisional hanya memperkirakan OTS berdasarkan rata-rata lalu lintas setiap bulannya, kami mengembangkan Computer Vision, sebuah teknologi berbasis kecerdasan buatan yang mampu secara otomatis dan 80% lebih akurat daripada metode penghitungan yang ada selama ini,” ujarnya.

Dengan teknologi tersebut, kata Archie, membuat periklanan menjadi lebih canggih, efektif, serta terjangkau dan dapat terwujud. Adapun tempat pemasangan Digitron di antaranya K-Link Tower, Jl. Gatot Subroto, Jakarta Selatan; JPO toll Soekarno Hatta, Kebon Jeruk, Jakarta Barat; Universitas Indonesia; serta Mall City of Indonesia, Surabaya.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved