Inovasi Yamaha yang Selalu di Depan

Nama Yamaha berhasil mengangkat NMAX dan XMAX di pasar otomotif roda dua. Selain nama besarnya, inovasi yang dilakukan Yamaha untuk produk terbarunya ini mampu menawarkan kendaraan roda dua yang berbeda pada konsumen.

Yamaha dengan cerdas mengatasi kejenuhan yang terjadi pada pasar sepeda motor dengan menghadirkan NMAX dan XMAX. Motor skutik premium Yamaha ini mampu menjawab kebutuhan konsumen dan memberikan semangat baru berkendara. Persaingan yang ketat antar pabrikan motor diamini oleh GM After Sales & Public Relation PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) M. Abidin. Baginya, tiap pabrikan harus memiliki strategi untuk berupaya memenangkan hati konsumen.“Untuk menghadapi persaingan di era sekarang ini diperlukan inovasi terbaru yang disesuaikan dengan karakter konsumen. Sebab konsumen yang dihadapi saat ini kritis, cepat tanggap dan tak segan berpindah brand jika produk dan pelayanan tidak memuaskan,” ungkapnya.

Tak bisa dipungkiri, menjaga hubungan dengan konsumen menjadi tujuan utama produsen yang harus terus dilakukan jika tidak ingin ditinggalkan. Perilaku konsumen yang ikut berubah seiiring dengan perubahan era, berusaha diakomodir oleh Yamaha. Salah satunya dengan mendalami teknologi dan era digital. “Teknologi dapat menjadi jembatan komunikasi dengan konsumen dan memasarkan produk juga pelayanan yang sesuai keinginan mereka. Cepatnya perkembangan digital membuat produsen pun harus terus memantau perkembangannya dan cepat tanggap,” ujarnya.

Baginya, teknologi dan digital berhasil mempengaruhi selera pasar. Yamaha selalu mempelajari perilaku konsumen melalui berbagai perangkat seperti social media, survei dan lainnya. Dari situlah, Yamaha menemukan strategi yang tepat untuk diaplikasikan sesuai zamannya. “Inovasi dan perubahan yang sesuai kebutuhan konsumen sangat diperlukan. Adanya inovasi membuat pasar terus bergairah karena produsen dapat tepat membaca keinginan konsumen yang diaplikasikan melalui produk-produknya,” tambahnya. Menjadikan tren sebagai barometer menjadi cara bertahan dalam menghadapi persaingan dengan kompetitor sejenis.

Tren online juga menjadi cara Yamaha dalam memasarkan produknya. Contohnya, pembelian online yang telah diaplikasikan untuk pembelian R15, R25, NMAX, dan yang sedang diadakan tiap tanggal 10 setiap bulannya adalah XMAX. “Yamaha Sunday Race juga menjadi agenda rutin lomba balap riding R Series Yamaha (R15 dan R25) yang dikombinasikan berbagai aktivitas di luar race seperti victory lap mengitari Sentul International Circuit dan fun riding competition,' ujarnya. Selain itu, Yamaha berusaha menjaga relationship dengan konsumen dan memberikan pelayanan service yang paling mengerti konsumen.

Tak bisa dipungkiri, kesuksesan Yamaha tak lepas dari SDM yang dimiliki. Menurut Abidin, SDM dan infrastruktur menjadi pilar penting dalam menghidupkan perusahaan. “Mereka menjadi aset utama yang wajib dijaga dan dikembangkan. Yamaha memiliki standar dalam memilih dan mengembangkan kualitas SDM yang memajukan perusahaan dan juga meningkatkan kualitas SDM sendiri,” tambahnya. Cepat beradaptasi dan mampu menerjemahkan keinginan pasar adalah poin yang perlu dimiliki SDM Yamaha.

 

Reportase: Arie Liliyah

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)