Insurance Day 2018, Bidik Gen Y

Dadang Sukresna, Ketua Dewan Asuransi Indonesia (kedua kiri); Yanti Parapat, Ketua Panitia Insurance Day 2018 (ketiga kiri); dan Moch. Ichsanuddin, Deputi Komisioner Pengawas (keempat kiri) di sela-sela pelaksanaan Insurance Day 2018 secara serempak di 18 kota.

Kesadaran masyarakat Indonesia untuk berasurasi perlahan-lahan mengalami kenaikan, meskipun prosentasenya belum sepadan dengan penduduk Indonesia saat ini. Dadang Sukresna, Ketua Dewan Asuransi Indonesia (DAI), memperkirakan penetrasi asuransi di Indonesia saat ini baru mencapai sekitar 6%-7%, angka ini relatif sangat kecil dibandingkan populasi Indonesia yang mencapai lebih dari 265 juta jiwa, sedangkan yang memiliki asuransi baru mencapai 1,7 %. Diakui Dadang, dari jumlah penduduk yang begitu besar, tentunya kenaikan penetrasi 1% saja akan terlihat peningkatan yang cukup besar dari sisi jumlah orang yang memahami pentingnya berasuransi.

Untuk mendongkrak minat masyarakat Indonesia berasuransi, dalam Insurance Day tahun ini, DAI mengusung tema “Mari Berasuransi” dengan mengangkat sub tema yaitu Cerdas, Sejahtera dan Mandiri. Melalui tema ini, DAI ingin meningkatkan pemahaman asuransi, khususnya meningkatkan literasi dan inklusi keuangan, dalam mendorong ketersediaan akses dan layanan keuangan yang menyentuh seluruh lapisan masyarakat di Indonesia.

Kegiatan Insurance Day 2018, tahun ini fokus membidik segmen milenial, dengan melakukan kegiatan literasi keuangan secara bersamaan di 18 kota bertajuk “Goes To Campus”, melalui seminar dan kuliah umum, antara lain di kota; Aceh, Medan, Palembang, Semarang, Jogjakarta, Surakarta, Surabaya, jember, Bali, Banjarmasin, Samarinda, Makassar, Manado, dan Jayapura.

Karena berdasarkan data BPS, jumlah usia yang masuk generasi milenial (17-35 tahun) atau disebut juga sebagai Gen “Y”, sekitar 30,1%. Generasi ini merupakan kekuatan besar perekonomian bangsa ke depan, sebagai generasi yang didukung oleh kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan .

Menurut Yanti Parapat, Ketua Panitia Insurance Day 2018, rencananya, Insurance day 2018 berpusat di kota Bandung Jawa Barat, dengan menyelenggarakan serangkaian kegiatan exhibition, CSR dan fun walk, selain itu pelaksanaan Insurance Day juga dilaksanakan di beberapa kota lainnya, antara lain, Medan, Palembang, Jawa Tengah, Jogjakarta, Surabaya, Bali, Banjarmasin, Makassar, Manado dan Jayapura

“Dipilihnya kota Bandung sebagai pusat kegiatan Insurance Day tahun ini, karena Bandung dikenal memiliki sumber daya manusia yang kreatif, aktif dan inovatif, tentunya memerlukan akses keuangan yang inklusif. Sehingga dapat meningkatkan pemahaman literasi dan inklusi tentang asuransi kepada anak-anak muda di kota Bandung,”kata Yanti.

Diakui Moch. Ichsanuddin, Deputi Komisioner Pengawas IKNB II OJK, peran industri perasuransian dalam pembangunan nasional perlu terus didorong perannya agar mampu berpartisipasi aktif mewujudkan perekonomian nasional yang mampu tumbuh secara stabil dan berkelanjutan.
“Melalui Hari Asuransi tahun ini diharapkan dapat semakin mendukung terwujudnya keuangan inklusif dalam mendorong ketersediaan akses dan layanan keuangan yang menyentuh seluruh lapisan masyarakat," katanya.

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)